Bakal Ada Lomba Mural dan Festival “Sumarak Nagari Perempuan” Meriahkan HUT Solsel

  • Whatsapp
Rapat persiapan Bakal Lomba Mural dan Festival "Sumarak Nagari Perempuan" Meriahkan HUT Solsel.
Rapat persiapan Bakal Lomba Mural dan Festival "Sumarak Nagari Perempuan" Meriahkan HUT Solsel.

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan ke-19, Pemkab Solsel adakan berbagai kegiatan, diantaranya Lomba Mural dan Kegiatan Festival “Sumarak Nagari Perempuan”.

Informasi tersebut terungkap dalam rapat persiapan event dimaksud yang melibatkan perangkat daerah terkait, komunitas seni lukis dan perwakilan ISI Padang Panjang yang dipimpin Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, Asisten Pemerintahan Drs. Efi Yandri, Kadis Pariwisata Hj Mardiana dan Dr. Susas Rita Loravianti selaku inovator pertunjukan seni ISI Padang Panjang.

Read More

Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekdakab mengatakan, kegiatan rangkaian dalam rangka HUT Solok Selatan ke-19 ini merupakan sinergitas pemerintah kabupaten dangan semua pihak, komunitas, termasuk dengan ISI Padang Panjang, kata Sekdakab di Aula Tansi Ampek, Senin (5/12/2022).

Lomba Mural tersebut akan diselenggarakan di sepanjang DAM Batang Bangko di Kawasan Menara Songket SRG Nagari Koto Baru, Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan.

Mengangkat tema, Pesona Alam Sarantau Sasurambi, diharapkan lomba melukis dinding Batang Bangko ini akan mengangkat seni budaya di Solok Selatan. Selain itu, juga sebagai bentuk penyaluran bakat anak muda Solsel untuk menghilangkan dampak vandalisme serta mempersatukan komunitas seni Solok Selatan.

Sementara penggagas kegiatan sekaligus Direktur festival, yang juga penggiat seni asal Solok Selatan, Dr. Susas Rita Loravianti mengatakan festival “Perempuan dan Rumah Gadang” adalah upaya menciptakan sebuah pertunjukkan yang berangkat dari budaya tradisional terkait peran perempuan di minangkabau dan rumah gadang, khususnya di Nagari SRG.

Lanjut dia menyebut kegiatan kini turut disokong oleh bundo kanduang, niniak mamak, jajaran wali nagari di Nagari Seribu Rumah Gadang.

Kegiatan festival tersebut akan dimulai tanggal 10 Desember 2022, menampilkan karya inovasi “Perempuan dan Rumah Gadang “, yang dilanjutkan dengan pemutaran film matrilineal yang menampilkan aktivitas keseharian perempuan, pertunjukan, prosesi arak-arakan adat. Sementara melukis atau lomba Mural dimulai dari tanggal 10 s/d 14 Desember 2022. (rls)

Related posts