Banjir Bandang Lahar Dingin Landa Agam, Sejumlah Akses Jalan Terputus

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Dampak curah hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan terjadi banjir bandang lahar dingin landa Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jum’at, (5/4/2024), sekira pukul 16.30 Wib.

Kalaksa BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan, peristwa ini melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua.

Read More

Dikatakannya, banjir bandang ini berdampak putusnya jalan pertanian dari Lakuang Surian, Jorong Labuang menuju Tonggok Jorong Puti Ramuh, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, serta terjebaknya 1 unit Mobil L300 di lokasi pertanian. Selanjutnya terdampak rumah warga, kendaraan, dan akses jalan di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang.

“Bencana tersebut juga mengakibatkan akses jalan di Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua terkena dampak dari peristiwa ini,” lanjut Budi.

Dampak hantaman banjir bandang yang dipicu tumpahan lahan dingin dari kawah gunung Marapi itu, menyebabkan puluhan warga harus dievakuasi ke tempat aman oleh personil TNI-Polri bersama Tim SAR Gabungan BPBD Agam yang bergerak cepat ke lokasi kejadian.

Sementara Bupati Agam Dr H Andri Warman MM yang langsung meninjau lokasi kejadian bersama Dandim 0304/Agam, Kapolresta Bukittinggi dan Kalak BPBD Agam Budi Perwira Negara, menelusuri beberapa lokasi terdampak dan memantau kondisi langsung di lapangan, termasuk meminta warga untuk tetap sabar dan tawakal menghadapi cobaan tersebut.

BPBD Kabupaten Agam telah melakukan upaya penanggulangan, antara lain berkoordinasi dengan Pemerintah Nagari dan Kecamatan, melakukan assessment dan pendataan, serta turun langsung ke lokasi kejadian untuk membantu penanggulangan bencana.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts