Banjir Dahsyat Kepung Nigeria, Akibatkan 600 Orang Tewas

Banjir besar di Nigeria

MINANGKABAUNEWS.com, ABUJA – Banjir baru-baru ini di Nigeria telah menjadi bencana “luar biasa”, sehingga banyak negara bagian tidak siap menghadapinya dengan baik meskipun ada peringatan, kata menteri penanggulangan bencana.

Menurut laporan BBC, Senin (17/10/20220, lebih dari 600 orang tewas dalam banjir terburuk yang pernah dialami negara Afrika Barat itu dalam satu dekade.

Read More

Sementara itu, banjir diperkirakan akan berlanjut hingga akhir November.

Meskipun Nigeria terbiasa dengan banjir musiman, tetapi tahun ini jauh lebih buruk dari biasanya. Atas hal ini, pemerintah mengatakan hujan lebat yang tidak biasa dan perubahan iklim yang harus disalahkan.

Para ahli juga mengatakan perencanaan dan infrastruktur yang buruk telah memperburuk kerusakan.

Sejak banjir dimulai pada awal musim panas, sebagian besar lahan pertanian telah hancur.

Pasca banjir melanda, ada kekhawatiran tentang meningkatnya penyebaran penyakit, dan pasokan makanan dan bahan bakar juga terganggu.

Maka dari itu, dalam konferensi pers pada hari Minggu, menteri urusan kemanusiaan dan manajemen bencana Nigeria, Sadiya Umar Farouk, meminta pemerintah setempat untuk mengevakuasi orang-orang yang tinggal di daerah paling berisiko.

Pihak berwenang sudah menyediakan makanan dan dukungan lain untuk mereka yang terkena dampak, katanya. Dia menambahkan bahwa meskipun ada “upaya terpadu” dan peringatan dini, banyak pemerintah negara bagian “tidak bersiap” untuk banjir.

Related posts