Bawaslu Akui Peran Media Sangat Penting Sukseskan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024

  • Whatsapp
Anggota sekaligus Kordiv HPPH Bawaslu 50 Kota, Dapit Alexsander, ketika mengikuti Rakernas Evaluasi Manajemen Publik Media Sosial dan Pemberitaan Bawaslu di Grand Mercure, Ancol, Jakarta, yang dibuka, Senin (1/4). (Foto: Humas Bawaslu 50 Kota)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI memastikan pemberian informasi secara masif terhadap setiap tahapan pesta demokrasi kepada masyarakat secara kredibel oleh media massa dan media sosial, menjadi salah satu faktor kesuksesan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu RI, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Lolly Suhenty, dalam acara Rakornas evaluasi manajemen publik media sosial dan pemberitaan Bawaslu di Grand Mercure, Ancol, Jakarta, yang digelar selama tiga hari, Senin-Rabu (1-3/4) .

Read More

Lolly menyebut, media massa sangat berperan penting dalam mengabarkan dan menyiarkan perkembangan tahapan pemilihan umum (pemilu) hingga menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang sesuai tahapan akan dilakukan pemilihan pada 27 november 2024.

“Semua tahapan pemilu hampir selesai setelah rekapitulasi nasional 20 Maret kemaren. Kini, Bawaslu menjadi pemberi keterangan dan menunggu putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres, DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota dan DPD di Mahkamah Konstitusi,” pesan Lolly Suhenty, sebagaimana pers relis yang diterima Minangkabaunews.com, dari Humas Bawaslu Limapuluh Kota.

Dalam Rakornas yang turut dihadiri Koordiv HPPH Bawaslu Limapuluh Kota, Dapit Alexsander itu, Lolly menyebut media sebagai pilar demokrasi telah menjadi mitra kerja dengan penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) demi kesuksesan pemilu dan pilkada. Ia berharap agar jajaran Bawaslu di provinsi dan kabupaten/kota melalui Humas terus memberikan informasi ke masyarakat melalui media massa.

“Tahapan pemilu selesai, bukan berarti kerja Bawaslu selesai. Humas dan pemberitaan Bawaslu tidak pernah tidur, akan terus aktif memberikan informasi yang membangun peradaban bangsa dan negara,” tukas aktivis perempuan asal Cianjur, Jawa Barat itu.

Pada jajaran Bawaslu sendiri, media pemberitaan dapat dilihat melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan website yang berisi pemberitaan-pemberitaan yang terus aktif dalam mencerdaskan masyarakat dalam menyikapi Pemilu dan Pilkada yang dihelat secara serentak, sekali dalam jangka lima tahun.

Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota, Yoriza Asra, melalui Dapit Alexsander menyebut, Bawaslu Lima Puluh Kota menyatakan, hampir setiap tahapan dan kegiatan terus menggandeng media massa untuk sosialisasi perkembangan tahapan pemilu maupun pilkada. Baik media cetak, media online maupun media televisi.

Adapun, di internal lembaga terus aktif di media sosial dan website melalui pemberitaan. Dia mengapresiasi media yang menjadi mitra strategis dalam menyukseskan pemilu. Peran media, menurutnya, dapat dilihat dalam memberikan informasi yang objektif.

Seperti dalam hal memantau pelaksanaan pemilu, media setidaknya sudah berperan aktif mengawasi pelaksanaan pemilu melalui pemberitaannya. Termasuk penegak keadilan jika terjadi pelanggaran dan kecurangan melalui pemberitaannya, menghadirkan diskusi politik, hingga mendorong partisipasi aktif pemilih menggunakan hak pilih.

“Alhamdulillah, pemilu telah berlangsung aman, damai dan kondusif. Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu menyukseskan pemilu di Lima Puluh Kota. Menyongsong pilkada serentak 2024, kita berharap juga dapat sukses dan kondusif,” sebut Dapit yang juga mantan wartawan. (rel/akg)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts