Bawaslu Mentawai: 30 orang Panwascam Resmi Dilantik dan Dibekali

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – 30 peserta test wawancara yang lolos dalam penghelatan perekrutan Panwascam resmi dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Perius Sabaggalet yang berlangsung di Aula Bundo Gest House Km 6 Tuapeijat, Jumat (28/10/2022).

Petugas Panwascam sejumlah 30 itu, nantinya ditempatkan di 10 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Masing-masing kecamatan diisi 3 Komisioner Panwascam 2024. Namun sebelumnya akan ada pembekalan Bintek untuk peserta sebelum ditempatkan.

Read More

“Usai pelantikan ini maka selanjutnya dilakukan pembekalan kepada anggota Panwascam,” ujar Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet usai acara pelantikan.

Perius menyebutkan, pembekalan akan diberikan Bawaslu selama 2 hari kedepan, terhitung 28-29 Oktober 2022.

Melalui Kepala Sekretariat Bawaslu Mentawai dikatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Camat untuk meminta 2 orang ASN di masing-masing Kecamatan.

Kedua ASN bertugas sebagai Kepala Sekretariatan dan Bendahara di Panwascam.

“Masing-masing kecamatan telah mengirim nama-nama ASN yang ditempatkan di Sekretariat Panwascam,” terang Ketua Bawaslu.

Setelah adanya Sekretariat, disebutkan Kepala Sekretariat dan Bendahara yang ditentukan bergabung bersama Komisioner Panwascam, lanjutnya.

Ditempat yang sama, Camat Sipora Selatan, Yusuf Hadisumarto menyampaikan bahwa pihaknya telah mengirim 2 nama ASN untuk ditugaskan di Panwascam.

“Kita di kecamatan setelah melakukan beberapa kali koordinasi, kita diibaratkan pendukung penyelenggara, otomatis apa yang diminta Bawaslu kita akan fasilitasi,” ujar Yusuf.

Keberadaan panwascam nantinya mesti mudah diakses, baik dibidang transportasi maupun dibidang komunikasi.

“Saat ini, sudah ada jaringan 4G dan aliran fiber optik di kantor Camat Sioban,” sebut Yusuf.

Sementara itu, Camat Sipora Utara, Marsen melalui Sekretaris Camat, Salmon Sakerebau mengatakan hal yang sama bahwa pihaknya juga telah mengajukan nama 2 PNS untuk ditempatkan di Panwascam.

“Dari Kecamatan Sipora Utara, kita sudah kirim eselon IV untuk ditempatkan di Panwascam sesui permintaan, dan siap mendukung apa yang telah dilakukan oleh Bawaslu,” katanya. (Tirman/Ev)

Related posts