Bawaslu RI Menggelar SKPP di Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) selama beberapa hari, mulai hari Selasa 12 Oktober hingga Kamis 14 Oktober 2021 bertempat di Auditorium Balai Sidang Hatta, Kota Bukittinggi.

Kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) ini dilaksanakan atas hasil perekrutan dari sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Read More

Walikota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, pihaknya apresiasi dipilihnya daerah ini sebagai lokasi pelaksanaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) oleh Bawaslu RI yang difasilitasi Bawaslu Kota Bukittinggi, ini membuktikan Kota Bukittinggi selalu siap menerima dan memfasilitasi berbagai kegiatan, pertemuan dan event.

“Pendidikan politik memang dibutuhkan bagi generasi muda sehingga SKPP ini menjadi salah satu wujud pembuktiannya,” katanya pada Rabu (13/10/2021).

Pihaknya mencermati sebaiknya Bawaslu merupakan pihak yang paling pertama mengenali permainan dan irama yang diupayakan para elit politik untuk menghadapi Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah.

“Pendidikan politik harus menjadi tujuan dari Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) untuk bisa berhubungan dengan seluruh partai dan para politisi di masing-masing wilayah Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Pihaknya mencermati bahwa para Kepala daerah yang terpilih dalam Pemilukada tahun 2020 lalu. Pasca dilantik sudah mulai menunjukkan upaya kampanye guna meraih kepercayaan publik dalam kontestasi demokrasi di periode berikutnnya.

“Saya sebagai pengurus partai dan juga Kepala daerah, sebaiknya Bawaslu paling pertama mengenali karakter dan jenis permainan apa yang akan dimainkan oleh para politisi, dalam usaha di Pileg, Pilpres dan Pilkada,” terangnya.

Pihaknya minta Bawaslu memberikan kesempatan bagi partai politik untuk mendapatkan literasi dan pemahaman tentang aturan yang sudah diberlakukan dalam pelaksanaan tugas pengawasan pemilihan umum.

Related posts