Baznas Kota Solok Bantu Tiga Orang ODGJ Kota Solok Yang Dirawat di RSJ Gadut

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Bagian dari salah satu program Baznas Kota Solok, yaitu Solok Peduli, tiga orang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang sedang dirawat di RSJ Gadut dibantu oleh Baznas Kota Solok sebanyak Rp. 1.000.000,- perbulannya perorang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Baznas Kota Solok kepada keluarga bersangkutan sebagai bantuan biaya perawatan dari para Mustahiq dalam rangka pengobatan ODGJ tersebut.

Read More

Hal ini diungkapkan Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Purn) H. M. Zaini, Senin (12/9/2022), saat ditemui Portal MinangkabauNews.com di Kantor Baznas Kota Solok terminal Bareh Solok Kelurahan Simpang Rumbio.

Disebut Zaini, ODGJ merupakan bagian dari salah satu program Baznas Kota Solok dalam mendorong masyarakat keluar dari permasalahan sosial, pendidikan, dan kesehatan. ODGJ ini masuk dalam program kesehatan Baznas Kota Solok.

“ODGJ merupakan bagian dari program Baznas Kota Solok, terutama dalam menekan persoalan sosial dan kesehatan masyarakat. Setiap warga Kota Solok yang menghadapi masalah kesehatan dan terkendala biaya akibat kurang mampu secara ekonomi, akan dibantu oleh Baznas Kota Solok,” ungkap Zaini.

Saat ini, lanjut Zaini, Baznas bersama Pemerintah Daerah Kota Solok mengikutsertakan seluruh warga Kota Solok yang miskin dan kurang mampu secara ekonomi, dalam BPJS Kesehatan maupun BPJS Tenaga Kerja.

“Artinya, tidak ada warga Kota Solok yang tidak mendapat layanan kesehatan dikarenakan miskin atau kurang mampu. Hal ini merupakan tanggungjawab pemerintah dengan didukung Baznas dalam memberikan pelayanan pada warganya. Karena itu, bersama Pemko Solok diupayakan seluruh warga Kota Solok kategori miskin atau kurang mampu masuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Kemudian Zaini menghimbau para Muzakki atau wajib berzakat untuk mempercayakan zakatnya pada Baznas Kota Solok dan akan dikelola dengan baik dan profesional.

“Baznas Kota Solok setiap tahunya menjalani audit oleh inspektorat dan Baznas Pusat. Setiap tahunnya laporan penyaluran dana zakat para muzakki akan diteliti oleh Tim Audit. Karena itu, percayakan zakat anda pada Baznas Kota Solok dan akan kami kelola dengan baik,” tuturnya.

Related posts