Baznas Pasbar, Salurkan Zakat ASN Untuk Para Mustahik di 11 Kecamatan

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Badan Amil Zakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali salurkan zakat ASN kepada para mustahik di sebelas kecamatan se Pasaman Barat kegiatan tersebut di laksanakan di Aula Kantor Camat setempat, Senin dan Rabu (22/12/21).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut hadir unsur pimpinan dan pengurus Baznas Pasbar, Pemerintahan Kecamatan, KUA dari 11Kecamatan dan para Mustahik (penerima).

Read More

Ketua Baznas Pasbar, Melalui Wakil Ketua III M. Jamil mengatakan pendistribusian Zakat ASN ini sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Pasbar, seperti di beberapa Kampus perguruan Tinggi dan di Kantor Camat se Pasbar. Menurut Muhajir penyaluran ini sesuai dengan besaran penerimaan zakat, ia berharap ke depan agar penerimaan semakin meningkat sehingga penyaluran juga akan bertambah penerimaanya.

“Secara Proporsional kedepan akan diupayakan pemerataan penerimaan disetiap kecamatan, hal ini dilakukan untuk menghindari kesenjangan sosial,” kata M. Jamil.

Lebih lanjut dijelaskanya, Tengah diusahakan pembuatan kotak Zis (Zakat, Infak dan Sedekah) dibeberapa Peron (pengepul buah sawit), Mini Market warung/ toko dan lain sebagainya.

Kemudian kepada para penerima manfaat untuk mempergunakan dana tersebut sesuai dengan pengajuan (kebutuhan) agar ketepatan sasaran dan manfaat Zakat ASN sesuai dengan amanat syariat islam dan ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap dukungan penuh dari seluruh elemen baik pemerintahan, masayarakat dan lain sebagainya, agar setiap perogran Baznas bisa berjalan dengan baik, apalagi pasca Pandemi ini,” tambahnya.

Senada denga itu, Camat Luhak Nan Duo Resta Amelda Putri, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Baznas Pasbar. Menurutnya saat sekarang ini telah banyak melakukan perubahan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu (Miskin).

“Dengan keberadaan Baznas saat sekarang ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang belum mendapat bantuan dari Dinsos dan Opd lainya. Karena saat ini Pemda Pasbar sangat mendukung kegiatan Baznas terkait pengentasan kemiskinan,” ungkap Camat Resta Amelda P.

Lanjutnya, sinergitas antar lembaga diharapkan menjadi solusi agar pengentasan kemiskinan bisa di akomodir, dan masyarakat yang belum tersentuh bantuan akan menerima dan mendapat sentuhan.

KUA Luhak Nan Duo, melalui Penghulu Abdul Alim A, mengatakan pihaknya bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ), tengah berusaha mengait para pelaku usaha untuk menyalurkan zakat mallnya ke Baznas Pasbar.

“Semoga para pelaku usaha yang telah memenuhi syarat untuk berzakat (Muzaki) akan berkenan menyalurkan zakat hartanya ke Baznas Pasbar sehingga nantinya akan menambah dana untuk dikelola dan disalurkan kemasyarakat (Mustahik),” katanya.

Berikut uraian penyaluran zakat dari 5 kecamatan diantaranya: Kecamatan Pasaman, penyaluran bidang Program Pasbar sehat (Biaya berobat) sebanyak 36 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 11 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 20 orang Mahasiswa dengan total penerima 67 orang (Mustahik).

Kecamatan Luhak Nan Duo, Program Pasbar sehat (Biaya berobat) sebanyak 7 orang penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 10 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 14 orang dengan total penerima 31 orang (Mustahik). Kecamatan Kinali, Program Pasbar sehat sebanyak 2 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 1 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 6 orang dengan total penerima 9 orang (Mustahik).

Kecamatan Talamau, Program Pasbar sehat sebanyak penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 2 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak orang dengan total penerima 26 orang (Mustahik). Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Program Pasbar sehat sebanyak 1 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 2 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 15 orang dengan total penerima 18 orang (Mustahik).

Kecamatan Sungai Beremas Program Pasbar sehat sebanyak penerima 7, Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 8 orang dengan total penerima 15 orang. Kecamatan Ranah Batahan Program Pasbar sehat sebanyak 4 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 4 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 2 orang dengan total penerima 10 orang.

Kecamatan Koto Balingka, Program Pasbar sehat sebanyak 3 penerima, Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 5orang dengan total penerima 8 orang. Kecamatan Lembah Melintang, Program Pasbar sehat sebanyak 15 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 6 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 11 orang dengan total penerima 32 orang.

Kecamatan Sungai Aur, Program Pasbar sehat sebanyak 6 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 8 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 6 orang dengan total penerima 26 orang. Kecamatan Gunung Tuleh, Program Pasbar sehat sebanyak 7 penerima, Program Pasbar sejahtera (Modal Usaha) sebanyak 8 orang penerima dan Program Pasbar cerdas (Beasiswa pendidikan) sebanyak 7 orang dengan total penerima 24 orang. (El/*)

Related posts