BAZNAS Peduli, Ketua TPPKK Ny. Lise Eka Putra Serahkan Bantuan Pendidikan Secara Simbolis

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH  DATAR- Sebanyak 5.054 pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) menerima bantuan biaya untuk kebutuhan sekolah dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanah Datar. Secara simbolis pemberian bantuan itu dilakukan oleh Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, SE, Rabu (28/09) di ruangan pertemuan kantor LKAAM Kecamatan Pariangan.

Ketua BAZNAS Tanah Datar Yasmansyah mengatakan guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mendukung program Pemerintah Daerah Tanah Datar pengentasan kemiskinan dan percepatan pembangunan daerah BAZNAS Tanah Datar kembali mengucurkan dana untuk pendidikan sebesar Rp2.220.700.000.

Dikatakan Yasmansyah dana sebesar Rp2 miliar lebih itu diberikan kepada 5.054 pelajar di Tanah Datar, dengan rincian pelajar Sekolah Dasar (SD) sebanyak 3.063 siswa masing-masing Rp400.000 dengan total Rp1.225.200.000 dan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Tsanawiyah sebanyak 1.991 siswa masing-masing Rp500.000 dengan total Rp995.500.000,.

“Untuk membantu meringankan beban keluarga miskin atau kurang mampu khusus untuk pendidikan kita memberikan bantuan berupa uang tunai yang diserahkan langsung kemasing-masing sekolah, yang mana uang tersebut bisa dipergunakan untuk kebutuhan sekolah, seperti seragam sekolah, buku maupun kebutuhan lainnya untuk pendidikan ini,”ucapnya.

Yasmansyah katakan untuk pendataan siswa yang berhak menerima diserahkan kepada sekolah masing-masing dan tidak ada campur tangan BAZNAS, “kita menerima data dari pihak sekolah siswa mana yang layak mendapatkan bantuan jadi kita BAZNAS tidak ada intervensi,”imbuhnya.

Disebutkan Yasmansyah dana BAZNAS yang dihimpun dari Zakat ASN dan juga masyarakat itu dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan Ia berharap masyarakat yang terdampak manfaat ini mendoakan agar ASN dan masyarakat yang telah mengeluarkan zakat dan menyalurkan melalui BAZNAS Tanah Datar ini diberi kelimpahan pahala dan rezeki dari Allah.SWT sembari berharap agar semakin banyak masyarakat yang berzakat melalui BAZNAS Tanah Datar dan semakin banyak lagi masyarakat yang akan mendapatkan manfaatnya.

Yasmansyah juga menyampaikan jika dana BAZNAS Tanah Datar ini disalurkan melalui lima pilar atau bidang yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Kemanusiaan dan Dakwah dan Advokasi.

Sementara itu Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra memberikan apresiasi yang tinggi serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAZNAS Tanah Datar yang terus berkontribusi bagi dunia pendidikan tidak hanya yang akan dan sedang melaksanakan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) namun juga bagi pelajar SD dan SLTP yang sedang melaksanakan pendidikan.

“Kita patut bersyukur terkhusus keluarga yang kurang mampu, dengan adanya bantuan dari BAZNAS Tanah Datar setidaknya dapat meringankan beban pendidikan bagi anak-anak kita, pendidikan penting bagi generasi penerus bangsa ini,”ucapnya sembari memberikan motivasi bagi pelajar SD, SMP dan Tsanawiyah tersebut.

Ketika memberikan motivasi itu Ny. Lise Eka Putra ingatkan anak-anak peserta didik untuk terus tekun belajar, gapai cita-cita, para orang tua terus awasi anak-anak dalam belajar, jangan terlena dengan gatget atau smart phone karena akan dapat melemahkan semangat belajar dan menjadi kecanduan sehingga anak-anak akan cenderung pemalas dan tidak mengindahkan apa yang disuruh orang tua.

Kepada peserta didik perempuan Ny. Lise Eka Putra juga ingatkan untuk selalu menjaga diri, jangan sampai ada yang menyentuh bagian-bagian sensitif pada diri walau itu keluarga sendiri, karena dari itu busa terjadi hal-hal yang akan merusak masa depan.

Turut hadir saat pemberian bantuan pendidikan BAZNAS tersebut adalah Camat Pariangan, Forkopimca, Perwakilan Kemenag, Kabid Dinas Pendidikan, Wali Nagari Simabur dan undangan lainnya. (Mi)

Related posts