Berangkat Wakili Pemko, Ketua MUI Didaftarkan Jadi Pendamping Calon Jemaah Haji Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Calon jema’ah haji dari Kota Bukittinggi 2022 mengikuti bimbingan manasik haji tingkat kota dan kecamatan. Bimbingan manasik haji tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bukittinggi, didampingi Kakan Kemenag, di Balairung rumah dinas wako, Senin (23/5/2022).

Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Bukittinggi Eri Iswandi, didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani Djusair, menyampaikan, calon jama’ah haji (CJH) Provinsi Sumatra Barat (Prov Sumbar) tahun ini berjumlah 2.093 orang. Sedangkan Kota Bukittinggi sendiri, mendapat kuota sebanyak 116 orang.

Read More

“Hingga saat ini baru 113 calon jema’ah haji yang telah melakukan pelunasan,” ujarnya.

Eri Iswandi menjelaskan, bimbingan manasik haji ini dilaksanakan untuk memberikan penjelasan kepada jema’ah calon haji, tentang kebijakan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji.

“Bimbingan manasik haji tahun ini, dilaksanakan 4 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali di tingkat kota, mulai 23 hingga 28 Mei 2022 mendatang. Selama 2020 dan 2021, CJH juga telah diberikan bimbingan manasik sepanjang tahun, diberi nama Bukittinggi Mabrur,” jelasnya.

Ia menambahkan, menurut jadwal, JCH Bukittinggi berangkat pada 4 Juni 2022 mendatang menuju asrama haji embakasi Padang.

“Bukittinggi masuk kloter 2 Sumbar, yang direncanakan berangkat menuju Madinah pada 5 Juni 2022. CJH Bukittinggi terdiri dari 10 regu dan 3 rombongan,” imbuh Kakankemenag itu.

Eri sebutkan, Calon jema’ah haji yang sudah melunasi sejak 2020, sebanyak 283 orang. Namun, karena ada batasan dari Arab Saudi, sehingga yang diberangkatkan tahun 2022 ini, sebanyak 116 orang (40 persen) dari jumlah itu. Dimana, ada batasan usia tahun ini maksimal 65 tahun dan minimal 18 tahun.

“Bagi yang sudah lunas namun tidak berangkat tahun ini, menjadi prioritas berangkat pada tahun 2023 mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyampaikan, untuk kelancaran komunikasi, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah mendaftarkan Ketua MUI Bukittinggi Aidil Alfin, sebagai perwakilan Pemko Bukittinggi untuk mendampingi CJH Bukittinggi untuk berangkat tahun ini.

“Kita berharap CJH dapat mengikuti pembimbing selama melaksanakan ibadah haji,” ucap Erman.

Semoga bimbingan manasik haji ini, dapat diikuti oleh calon jema’ah haji dengan baik, sehingga terwujudnya kemandirian jama’ah calon haji dalam beribadah di tanah suci, menuju haji mabrur.

“Beribadahlah dengan maksimal, karena dijadwalkan, wukuf di Arafah tahun ini jatuh pada hari Jum’at, biasa disebut dengan Haji Akbar,” tutup Wali Kota Bukittinggi itu.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts