Bikin Tetangga Baper, Indonesia Bakal Bangun Kapal Perang Canggih Fregat Inggris Arrowhead 140

fregat Arrowhead 140
Kapal perang Fregat Arrowhead 140 (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL — Perusahaan kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan Babcock asal Inggris mengatakan telah mendapatkan kontrak ekspor pertama untuk fregat Arrowhead 140 (AH140) melalui perjanjian lisensi desain dengan PT PAL Indonesia (Persero).

Kesepakatan itu terjadi dua tahun sejak desain AH140 Babcock pertama kali diumumkan sebagai penawar pilihan untuk program fregat Inggris Tipe 31 di DSEI 2019, dengan kontrak dikonfirmasi pada November tahun yang sama.

Read More

Lisensi desain akan memungkinkan PAL untuk membangun dua fregat Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi desain khusus untuk Angkatan Laut Indonesia.

Perjanjian tersebut ditandatangani pada acara Defense and Security Equipment International (DSEI) 2021 di London, di atas kapal HMS Argyll, oleh CEO David Lockwood Babcock dan Kaharuddin Djenod, CEO PAL. Dan disaksikan oleh Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris, Rt Hon Ben Wallace MP.

Babcock telah bekerja sama dengan Pemerintah Inggris untuk mempromosikan Fregat Arrowhead 140 ke pasar global dengan minat yang kuat secara internasional.

Perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa itu adalah salah satu penawar yang dipilih oleh Pemerintah Polandia untuk memberikan solusi desain potensial untuk program fregat Miecznik (Swordfish) Angkatan Laut Polandia.

Desain dasar Arrowhead 140 dapat dikonfigurasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan angkatan laut dan, dengan dukungan Babcock, PAL sekarang akan merancang modifikasi yang diperlukan untuk mengkonfigurasi Arrowhead 140 untuk Indonesia. (*)

Related posts