BPJS Padang Ajak Komitmen Pemda Mentawai Jaminkan 27.000 Penduduk Dapatkan Jaminan Kesehatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Padang, kunjungi Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam rangka Koordinasi kemitraan terkait pelayanan kesehatan kepesertaan masyarakat dalam hal jaminan sosial BPJS.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang Yessi Rahimi menyebutkan, Forum komunikasi dan kemitraan dengan pemerintah dan BPJS kesehatan ini, rutin kita lakukan dua kali dalam setahun. Yang mana pembahasan kita dalam forum komunikasi dan kemitraan terkait perluasan peserta BPJS, bagaimana upaya bersama BPJS kesehatan dan pemerintah daerah agar memastikan masyarakat kita di kabupaten kepulauan Mentawai mendapatkan jaminan BPJS kesehatan.

Read More

Baik dari sektor yang di jaminkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Daerah, pegawai pemerintah dan swasta maupun mandiri yang sanggup membayar iyuran sendiri, itulah pembahasan dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, ujar Kepala BPJS Padang Yessi.

“Kita juga menghimbau kepada pelayan kesehatan seperti Rumah sakit dan Puskesmas bagaimana pelayanan yang baik kepada peserta BPJS kesehatan”, sambung Yessi.

Termasuk pihak Keuangan Daerah, kita juga sudah berkoordinasi bahwa tahun 2022 kita berkomitmen menjaminkan seluruh masyarakat Mentawai.

“Harapan kita Pemda Mentawai ada komitmen membayarkan BPJS kesehatan penduduk di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang di anggap tidak mampu”, ujar Yessi.

“Itupun sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, dan saat ini ada sekitar 10.400 yang di tanggung dari anggaran Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Provinsi Sumatera Barat, dan dari Kementerian ada sekitar 34.000 Penerima manfaat BPJS kesehatan dari anggaran APBN”, terang Kepala BPJS Padang.

Dikatakan Yessi, kepesertaan masyarakat yang memiliki kartu BPJS masih belum merata. Dan inilah yang menjadi beban berat bagi Kepala BPJS Padang tiba untuk mengajak Pemkab Mentawai untuk sama sama mendudukkan masalah kepesertaan masyarakat untuk memiliki jaminan sosial kesehatan yang di tanggulangi oleh Pemerintah Kabupaten, Provinsi hingga Pemerintah Pusat.

Kepala BPJS kesehatan Cabang Padang Yessi Rahimi menyebutkan, saat ini masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai masih banyak yang belum terdaftar dalam BPJS, hingga saat ini 69 persen sudah terdaftar di BPJS dari jumlah penduduk yang ada, ungkap Yessi kepada wartawan setelah rapat dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Km 5, Kamis (09/09/2021).

“Saat ini masih ada sekitar 27.000 penduduk yang belum masuk dalam kepesertaan BPJS kesehatan yang otomatis belum memiliki jaminan kesehatan, itu yang perlu kita duduk kan bersama atau upaya kita ke depannya”, tutup Yessi. (Tirman)

Kepala BPJS Cabang Padang Yessi Rahimi saat di wawancarai oleh sejumlah wartawan di ruang Kantor Bupati Mentawai Km 5 Tuapejat, Kamis (09/09/2021)

Related posts