BPS Gelar Workshop dan Pembinaan Statistik sektoral Kelurahan dan Kecamatan

MINANGKABAUNEWSCOM, BUKITTINGGI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittinggi menggelar workshop desa cinta statistik (cantik) dan pembinaan statistik sektoral kelurahan dan kecamatan se-Bukittinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Santika, Senin (5/122022).

Suasana workshop desa cinta statistik dan pembinaan statistik sektoral kelurahan dan kecamatan di Hotel Santika.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi menyampaikan, workshop desa cinta statistik (cantik) dan pembinaan statistik sektoral kelurahan dan kecamatan se Bukittinggi ini, merupakan suatu yang penting dalam perkembangan era teknologi saat ini, terutama untuk program satu data.

Read More

Dimana, setiap masyarakat nantinya bisa melihat data Kota Bukittinggi secara real time melalui aplikasi yang ada di Pemerintah kota (Pemko), Sistem Bukittinggi Hebat (SBH).

“Ini tentu butuh sinkronisasi antara Pemko dan BPS. Untuk itu, dengan kegiatan ini akan ada pencerahan bagi lurah dan camat dalam menyukseskan penyelenggaraan statistik sektoral di Kota Bukittinggi, karena sudah menjadi program juga bagi BPS se Indonesia,” ucap Marfendi.

Kepala Diskominfo Bukittinggi Erwin Umar menjelaskan, workshop ini merupakan lanjutan dari bimbingan statistik sektoral tingkat kelurahan Kota Bukittinggi tahun 2022 lalu, oleh Diskominfo. Dimana pembinaan kali ini dilaksanakan untuk seluruh kelurahan dan kecamatan se Kota Bukittinggi.

“Pembinaan ini menjadi salah satu tools dalam peningkatan literasi, terhadap pengelolaan statistik sektoral dari unit terkecil dalam wilayah administrasi Pemerintahan Kota Bukittinggi. Setiap kelurahan butuh Sumber Daya Manusia (SDM) yang fokus terhadap kelengkapan data,” jelas Erwin.

Sementara itu, Kepala BPS Bukittinggi Mukhlis menerangkan, workshop desa cinta statistik (cantik) dan pembinaan statistik sektoral kelurahan dan kecamatan se Bukittinggi ini, menjadi upaya BPS untuk menjadikan Bukittinggi kota yang cinta statistik.

“Sebelumnya, Diskominfo Bukittinggi telah melaksanakan kegiatan awal untuk sembilan kelurahan, selanjutnya kita lanjutkan pembinaan ini untuk 24 kelurahan,” terang Mukhlis. (*)

Related posts