Buka Acara Paninjauan Baralek Gadang, Ini Harapan Wakil Bupati Tanah Datar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,TANAH DATAR- Sebanyak 14 kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan Paninjauan Baralek Gadang yang dilaksanakan dari tanggal 18 sampai 20 Agustus 2022.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana A Dt. Sidi Bagindo, Kamis (18/8/2022) dalam laporannya saat acara pembukaan di halaman Rumah Gadang Nagari Paninjauan dihadapan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Kadis Pariwisata Hendri Agung Indrianto, Kadis Koperindag Hendra Setiawan, Camat dan Forkopimca X Koto, Wali Nagari se Kecamatan X Koto dan undangan lainnya.

Read More

Diungkapkan A. Dt. Sidi Bagindo, sebanyak 14 agenda tersebut terdiri dari Makan Bajamba, Dendang KIM, Tabligh Akbar, Alek Berburu, Lomba Mewarnai, Main Bola Badunsanak, Randai, Stand Kuliner, Panjek Pinang, Fotografi, tungku cangkuak, arak iriang (pawai), Manawai Aie Tawa dan Solo Song.

“Sebenarnya alek buru babi sudah dilaksanakan 13 Agustus lalu, dan tadi pagi setidaknya 2.000 masyarakat tumpah ruah ikut dan juga menyaksikan arak iriang atau pawai sekeliling Nagari Paninjauan, kemudian kegiatan lain akan dilaksanakan sampai 20 Agustus esok,” katanya.

A. Dt. Sidi Bagindo juga mengungkapkan, pelaksanaan berbagai kegiatan atau event tidak memberatkan Pemerintah Nagari ataupun Kecamatan dalam hal anggaran atau biaya pelaksanaan.

“Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kegiatan Paninjauan Baralek Gadang bisa kami laksanakan tanpa bantuan anggaran dana dari Wali Nagari ataupun Camat, namun tentunya kami butuh dukungan dan suport agar pelaksanaan ini mampu berjalan baik, aman dan lancar,” sampainya.

Dan bercermin dari pelaksanaan kegiatan ini, tambah dia, Nagari Paninjauan siap untuk melaksanakan dan menyukseskan Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event.

“Insya Allah kami siap untuk berkontribusi dan ikut menyukseskan Progul Satu Nagari Satu Event di tahun depan,” tukasnya.

Sementara itu Ketua KAN Paninjauan Gj. Dt. Sinaro Panjang disamping menyampaikan terima kasih juga memberikan apresiasi kepada segenap panitia pelaksana dan pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan itu.

“Atas nama ninik mamak Paninjauan, Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih, telah bersusah payah untuk menggelar kegiatan besar ini yang tujuannya melestarikan adat dan budaya serta meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan di Nagari Paninjauan ini,” katanya.

Hal hampir sama disampaikan Wabup Richi Aprian, dimana ia menyampaikan apresiasi dan kebanggaan karena kegiatan sebesar itu, panitia pelaksana tidak meminta bantuan biaya kepada Pemerintah Nagari atau Pemerintah Kecamatan.

“Pelaksanaan kegiatan ini membuktikan, segala urusan ketika dilaksanakan dan didukung bersama tidak ada yang sulit. Atas nama pemerintah daerah, Saya menyampaikan apresiasi,” ujarnya.

Dikatakan Richi lagi, Pemerintah Daerah saat ini terus berkomitmen dalam menggiatkan pembangunan yang mengangkat potensi dan keunggulan Nagari, termasuk dalam sektor pariwisata.

“Progul Satu Nagari Satu Event tahun 2022 telah dilaunching dan ditetapkan 14 Nagari dari 14 Kecamatan. Insya Allah , tahun depan bertambah, sehingga di tahun 2024 nanti 75 Nagari di Tanah Datar dapat melaksanakan Progul ini,” sampai Wabup.

Dikatakan Wabup Richi, pelaksanaan Progul Satu Nagari Satu Event dirasa penting karena dianggap mampu memberikan multiplier effect, dan tentunya kegiatan Paninjauan Baralek Gadang ini ke depannya bisa menjadi bagian dari Progul itu.

“Efeknya tidak hanya untuk melestarikan dan mengembangkan adat dan budaya Nagari saja, namun juga berdampak peningkatan perekonomian masyarakat. Setidaknya hal itu sudah terlihat dari 4 Event yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” katanya.

Namun tidak itu saja, tambah Richi, Progul lain seperti Layanan Mesin Bajak Gratis, Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, Pemberantasan Rentenir, mempermudah pelayanan administrasi kependudukan dan lainnya tetap digenjot pelaksanaannya.

“Harapannya semua Progul yang telah dicanangkan dapat berjalan baik sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua itu tentunya juga diharapkan dukungan penuh masyarakat baik di kampung halaman ataupun di perantauan serta dukungan dan support pihak terkait lainnya,” pungkas Richi.

Selepas itu pembukaan Paninjauan Baralek Gadang ditandai dengan pemukulan tabuah oleh Wakil Bupati Richi Aprian dan tokoh masyarakat. (Mi/pkp)

Related posts