Buka Bimtek Simbangda, Wawako Solok Sampaikan ini

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Pembangunan Nasional, Pasal 31, berbunyi Perencanaan Pembangunan Berdasarkan Data dan Informasi yang akurat yang bisa dipertanggungjawabkan.

Mengacu pada Undang-Undang ini, untuk mengetahui, memantau, dan mengevaluasi pengendalian, apakah itu program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan, sesuai target dan rencana yang dibebankan pada OPD masing-masing, harus dilakukan dengan data dan informasi akurat melalui Simbangda (Sistem Informasi Pembangunan Daerah).

Read More

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra saat membuka bimbingan tekhnis Sistem Informasi Pembangunan Daerah Based Evidense 4.0, Rabu (9/3/2022) di Pangeran Beach Hotel Padang.

Menurut Wawako, selama ini penyajian laporan dan informasi masih dilakukan secara manual. Dengan dilaksanakanya bimbingan tekhnis ini, evaluasi dan laporan sudah dalam bentuk digitalisasi.

“Pemanfaatan tekhnologi informasi pada instansi pemerintahan, saat ini sudah menjadi kebutuhan. Salah satunya dalam bentuk pemanfaatan Sistem Informasi Pembangunan Daerah ini,” katanya.

Untuk diketahui, aplikasi Simbangda merupakan perangkat lunak yang di desain untuk mempermudah dan mengintegrasikan data anggaran yang tersedia pada OPD. Sehingga setiap bulannya pelaporan anggaran dan perkembangan realisasi fisik kegiatan dapat diperbaharui.

Related posts