Mahakarya Berkah Madani (MBM) Buka Cabang Baru Kelima di Pekanbaru, Budidaya Lebah Klanceng Makin Diminati

  • Whatsapp
Mahakarya berkah madani
Mahakarya berkah madani

MINANGKABAUNEWS.COM, PEKANBARU — PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM) yang berpusat di Cirebon Jawa Barat, kini membuka Kantor Cabang baru di Pekanbaru Jalan Muhajirin Kelurahan Sidomulyo Barat, Senin, (14/6/2021).

Bagi masyarakat yang ingin membuka usaha budidaya lebah klanceng atau lebah kelulut, bisa menjalin pola kemitraan dengan PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM), perusahaan yang bergerak didalam pengembang biakan atau budidaya lebah klanceng penghasil madu.

Read More

Masyarakat umum bisa membeli paket bibit lebah yang sudah disediakan PT. MBM seharga Rp1,2 juta, bibit lebah klanceng tersebut sudah dalam wadah kandang (stup) yang sudah membentuk koloni terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu.

General Manager PT MBM, Hasri kepada wartawan, menyampaikan saat ini perusahaan yang bergerak dibidang budidaya lebah klanceng membuka kantor cabang ke-lima di Pekanbaru Provinsi Riau.

Pekanbaru kantor cabang kelima. Mitra kita disini sudah banyak, dan sudah mencapai 1000 kandang, antara lain di Tenayan Raya Kota Pekanbaru dan Sungai Pagar Kabupaten Kampar ungkapnya.

“Alhamdulillah, hari ini ada lagi masyarakat yang bermitra dengan kita,” kata Hasri.

Lebih luas Hasri menjelaslan tujuan berdirinya perusahaan ini dengan misi membangun perekonomian masyarakat. Masyarakat cukup menyediakan lahan dan tanaman bunga sesuai arahan perusahaan kemudian tempatkan stup yang sudah disediakan.

“Tidak perlu kita kasih makan, lebah tersebut akan mencari makan sendiri. Madu akan dihasilkan jangka waktu 4 bulan. Saat panen mitra mendapatkan keuntungan Rp400 ribu perkandang,” ungkap Hasri.

Menurutnya, jika mitra tidak ingin melanjutkan pengembang biakan madu. Stup yang berukuran panjang 40 cm tinggi 15 cm dan lebar 17 cm dibandrol Rp1.2 juta dengan satu koloni lebah terdiri dari lebah ratu, lebah pekerja, sel telur, kantong madu, bee polen dan propolis bisa dijual lagi dengan harga semula.

Jika petani tidak mau melanjutkan bubidaya lebah lagi kandang yang dia beli dengan perusahaan akan kami beli kembali dengan harga yang sama,” kata Hasri.

Lanjut Hasri, jika mitra memiliki 10 stup, maka potensi keuntungan setiap bulan bisa Rp4 juta. Jika 40 stup maka keuntungan per bulan Rp20 juta dan kalau 100 stup maka potensi keuntungan Rp40 juta.

Selain bermitra langsung, juga ada peluan menjadi agen, cuma harga per stup tetap sama dibeli ke agen dengan dibeli langsung ke perusahaan.

“Memang tidak butuh tempat luas untuk beternak lebah klanceng. Namun, perlu pepohonan atau taman bunga sebagai makanan lebah,” ujarnya.

Bagi yang ingin membudidaya lebah klanceng bisa menggunakan pola kemitraan. Perusahaan MBM telah memiliki sejumlah peternak lebah yang menjadi mitra binaan.

“Peternak lebah yang menjadi mitra akan mendapatkan pendampingan, pembinaan dan bagi hasil yang menguntungkan,” jelas Hasri.

Related posts