Buka Capacity Building TIPD Wako Solok Katakan Ini

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Tiga bulan terakhir, mulai November 2021 sampai Januari 2022, masyarakat diresahkan dengan kenaikan minyak goreng, yang berakibat berkurangnya aksebilitas masyarakat terhadap bahan pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat setiap hari.

Hal ini dikatakan Walikota Solok Zul Elfian Umar saat membuka Capacity Building TIPD dalam upaya pengendalian inflasi daerah, Selasa (8/2/2022) di Pangeran Beach Hotel Kota Padang.

Read More

Menurut Wako, Pemerintah Daerah Kota Solok punya kewajiban menjaga kestabilan harga. Salah satunya dengan melakukan pemantauan secara berkala, baik pasokan barang maupun harga.

“Antara pasokan barang dan harga harus berbanding lurus. Jika pasokan berlebih cenderung harga akan turun, tapi jika pasokan berkurang otomatis harga akan naik. Kondisi ini yang harus dijaga oleh pemerintah agar pasar tetap bergerak dan stabil,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Wako, pemerintah berkewajiban menurunkan laju inflasi dengan menjaga pasokan, karena pemerintah punya kewenangan untuk mengatasi gangguan.

“Gejolak harga sangat berpengaruh pada aksebilitas masyarakat. Pemerintah harus mengatasi ini dengan menjaga pasokan dan mengatasi gangguan dari sisi penawaran,” katanya.

Related posts