Buka Pendaftaran Calon Ketum, KONI Kota Payakumbuh Segera Gelar Musorkot

  • Whatsapp
Kegiatan Rapat Anggota KONI Kota Payakumbuh periode 2017-2021 di salah satu hotel di Kota Payakumbuh. (Foto: Dok. Humas KONI Kota Payakumbuh)

MINANGKABAUNEWS.COM, PAYAKUMBUH – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat memastikan bakal segera menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) guna mencari Ketua dan kepengurusan yang baru untuk periode 2021-2025.

Hal itu menyusul sudah berakhirnya masa kepengurusan KONI Kota Payakumbuh periode 2017-2021. Bahkan, setelah memastikan jadwal serta persiapan teknis terkait penyelenggaraan Musorkot, KONI Kota Payakumbuh akan segera membuka pendaftaran bagi calon ketua umum.

Read More

Ketua Steering Commitee (SC) Musorkot KONI Kota Payakumbuh Jon Rizal didampingi Ketua Penjaringan Jeffry Ricardo Magno mengatakan, kegiatan Musorkot bakal digelar pada tanggal 8 Desember 2021 mendatang. Pihaknya memastikan segala persiapan untuk pelaksanaan musyawarah olahraga telah rampung.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat SC, Musorkot akan kita laksanakan di Aula Kantor Balaikota Payakumbuh di eks Lapangan Poliko Payakumbuh,” kata Jon Rizal diamini Jeffry ‘Bule’ kepada kepada wartawan, Selasa (30/11).

Adapun proses pendaftaran calon ketua umum KONI, Jon Rizal menjelaskan, sesuai jadwal tahapannya bakal dibuka Rabu (1/12) ini. Dimana penerimaan berkas pendaftaran bagi calon ketua umum dibuka sepanjang jam kerja pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, bertempat di kantor Sekretariat KONI Kota Payakumbuh, di Kubu Gadang, Payakumbuh Timur.

Panitia, lanjut Jon, juga telah menyebar surat pemberitahuan ke seluruh cabang olahraga termasuk menyampaikan undangan ke pengurus KONI Provinsi Sumatera Barat. Dalam Musorkot KONI tahun 2021 ini, Ketua SC menyebut, pihaknya akan menyampaikan pemberitahuan kepada stakeholder olahraga.

“Tentunya dalam penyelenggaraan Musorkot ini, kita juga minta dukungan dan support dari pemerintah daerah, DPRD, unsur Forkopimda para tokoh serta seluruh unsur masyarakat. Tekad kita bagaimana proses Musorkot KONI 2021 ini bisa berjalan sukses dan lancar serta mendapatkan ketua yang benar-benar paham dengan olahraga,” katanya.

Ditambahkan Jeffry, berdasarkan tatib pemilihan Ketua Umum KONI, terdapat beberapa syarat dan kriteria bagi pendaftar calon ketua umum KONI Kota Payakumbuh. Persyarakatan ini juga telah sesuai dengan AD/ART organisasi.

Diantara persyaratan itu, mendapat dukungan tertulis dari pengurus kota (pengkot) cabang olahraga (cabor) minimal sebanyak 20 persen dari cabor yang memenuhi syarat dan memiliki KTP Payakumbuh.

Persyarakatan selengkapnya, dapat konsultasi atau diambil langsung disekretariat KONI Payakumbuh atau menghubungi panitia pelaksana kegiatan ini. Panitia juga memastikan akan membuka pendaftaran dari tanggal 1-6 Desember 2021 mendatang

“Rentang waktu itu sudah termasuk penyerahan kembali formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi dengan semua persyararatan yang telah ditentukan,” tambahnya.

Ketua Umum KONI Kota Payakumbuh Yusra Maiza, dihubungi terpisah menyebut, pihaknya juga sudah menyusun metode pelaksanaan serta draft tata-tertib pemilihan. Dirinya meyakini, proses Musorkot pemilihan ketua umum KONI ini akan berjalan secara musyawarah dan demokratis.

Yusra berharap, siapa pun calon ketua umum KONI yang terpilih nantinya dapat melanjutkan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus sebelumnya. Termasuk memperbaiki apa saja yang menjadi kekurangan selama ini.

“Terpenting ketua umum yang terpilih nanti mampu mengayomi serta menjalankan kendali organisasi untuk pembinaan prestasi seluruh cabang olahraga. Harapan kita, orang-orang yang menjadi ketua umum KONI selanjutnya, adalah orang memiliki rekam jejak atau sudah lama berkecimpung di olahraga,” harap Yusra. (akg)

Related posts