Buka Rakor P3MD, Wabub Agam Sebut Ini

  • Whatsapp
Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri saat membuka rakor P3MD. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri buka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Pemberdayaam Masyarakat Desa (P3MD) Jum’at, (10/12/2021).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri mengatakan, para pendamping desa diharapkan dapat menjalin koordinasi yang baik bersama pemerintah daerah dan harus mampu mencarikan solusi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Read More

“Kita berharap pasca Rakor ini semoga lahir program-program yang memanfaatkan dana nagari yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat. Untuk itu pendamping desa harus membangun koordinasi dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurutnya, P3MD merupakan langkah strategis pemerintah untuk membentuk kemandirian nagari serta merumuskan pemecahan masalah yang timbul di nagari.

Dilanjutkannya, dalam rangka mendukung pembangunan dan kemandirian nagari tersebut diperlukan tindakan pemberdayaan masyarakat yang tepat melalui para pendamping desa.

Dalam konteks Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, dilanjutkannya, P3MD sangat sejalan dengan visi misi daerah, khususnya misi keempat yaitu membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing, berkualitas dan berkarakter.

“Kesamaan misi inilah yang membuat seluruh capaian pembangunan di Kabupaten Agam yang terkait dengan dana nagari dapat dikatakan berhasil,” jelas wabup.

Ditambahkan, program- program yang memanfaatkan dana nagari jangan sampai membuat perekonomian masyarakat terhenti. Semisal, BUMNag yang menjalankan usaha dagang harian.

“Lebih baik fokus kepada pemberdayaan usaha masyarakat, dengan cara mencarikan solusi dari hulu hingga hilir, seperti persoalan pemasaran produk masyarakat, backup usaha masyarakat dari a sampai z, sehingga program yang dibuat tidak hanya sebatas wacana,” ujarnya.

Related posts