Buka Rakor Pengawasan dan Pencegahan Gratifikasi, Ini Kata Wabub Agam

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri saat membuka rakor Pengawasan dan Pencegahan Gratifikasi. (Foto/dok Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri buka rapat koordinasi pengawasan dan pencegahan gratifikasi 2021, di aula Bappeda, Kamis, (7/10/2021).

Wabup Agam, Irwan Fikri mengatakan, pengendalian gratifikasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah korupsi. Gratifikasi adalah tindak pidana korupsi yang sangat mudah terjadi di lingkungan pemerintahan, dengan cara mengabaikan ketentuan hukum dan moral yang berlaku.

Read More

“Gratifikasi pada umumnya terjadi dibidang pelayanan publik, yang mendapatkan keuntungan dari pihak tertentu tanpa melalui prosedur sebagaimana mestinya,” terangnya.

Dengan begitu, katanya, perlu dilakukan rakor ini untuk berikan pemahaman dan upaya mengendalikan gratifikasi, guna mencegah dan pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintah, khususnya Kabupaten Agam.

Ia berharap, pejabat dan pegawai di Pemkab Agam tidak terjerumus terhadap hal yang tidak diinginkan, agar integritas ASN tetap terjaga.

“Maka perlu komitmen bersama, terutama teladan dari pimpinan OPD yang berikan contoh dalam penerapan pengendalian gratifikasi di lingkungannya masing-masing secara berkesinambungan,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Inspektorat Agam, Dafrines, dengan peserta rakor dari sekretaris dan bendahara OPD di lingkungan Pemkab Agam.

Related posts