Kuliner Khas Asli Kota Bukittinggi Hadir dalam Pameran Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2021

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Berdasarkan surat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Tahun 2021. Diminta kepada Kota Bukittinggi untuk menampilkan pameran kuliner yang khas asli Kota Bukittinggi.

Hal ini disampaikan Kasi Agama Sosial dan Budaya (Agsosbud) Bukik Cangang, Rudi Syarif Putra, S.IP, M.H kepada Minangkabaunews.com di Palanta Siti Marayam By Zoebir Ngarai Sianok , Jum’at (8/10/2021).

Read More

“Kita tampil di Stand Kota Bukittinggi dengan tema” Maanta Uang” dalam prosesi pernikahan Adat Kurai V Jorong, yang menonjolkan upacara adat/keagamaan tradisional di pameran Pekan Kebudayaan Budaya ini,” ujarnya.

Rudi lebih lanjut mengatakan, karena semangat begitu kuat untuk bisa lebih mengenalkan masakan/makanan khas Suku Kurai.

“Upaya ini merupakan salah satu bentuk mempertahankan budaya lokal sehingga adat dan budaya setempat tetap terjaga kelestariannya,” jelasnya.

Kasi Agsobud Bukik canggang bersama Kasi Bina Seni dan Nilai Tradisi, Yogian Hutagama, SST,Par, M.Sn, menggerakkan masyarakat Bukik Cangang untuk dapat ikut serta dalam kegiatan Pameran kuliner tersebut.

“Makanan yang kita tampilkan di pameran diantaranya, ada randang, anyang dagiang, ayam gulai naneh, pangek ikan, karupuak tunjuak, sayua gulai putiah. Selain makan utama diatas, juga di tampilkan berbagai kuliner ringan atau parabuang seperti pisang gadang, pinyaram, kalamai. Uang yang menjadi antaran dalam prosesi adat ini juga harus dilengkapi dengan memasukkannya kedalam saputangan,” terang Kasi Agsosbud itu.

Dalam kegiatan ini diminta oleh Provinsi yang menjadi Nara sumber yakni, Ketua PWK Guguak Panjang, Bundo Hj. Linda Zoebir, S.Pd, sebagai Official peserta, didampingi Kasi Agsosbud, Rudi Syarif Putra, S.IP M.H, dan ketua tim Utusan, Aifi Lora.

Kemudian didampingi empat orang anggota dari masyarakat Bukik Canggang Kayu Ramang yang berpartisipasi aktif membangkitkan kembali kuliner tradisional yang ada di Kurai Limo Jorong, Kota Bukittinggi dengan pakaian tradisional baju basiba dalam prosesi mengantarkan uang.

Acara Pembukaan kegiatan Pameran Pekan Budaya Daerah ini, berlangsung di hari Jum’at malam 1 Oktober 2021 lalu dan Pameran berlangsung hari Sabtu, (2/10).

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Walikota Bukittingi, Buya Marfendi bersama Ketua GOW, Eva Marfendi Sehingga Stand Pameran Kuliner Bukittinggi sangat diminati, makanan/parabuang khas Kurai V Jorong menjadi pusat perhatian para pengunjung serta panitia di lokasi stand Pameran tersebut.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Lurah, RT/RW, Ketua tim Penggerak PKK Bukik Cangang , Ketua LPM, Ketua LKAAM, Camat Guguak Panjang, Ketua GOW, Bundo Eva marfendi, Wakil Walikota Bukittinggi, Buya Marfendi, Ketua Dekranasda, Ibu Fiona Erman Syafar, semua pihak yang terlibat baik langsung atau tidak langsung. Khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.

“Kami dari pihak Kelurahan tidak bosan- bosannya menghimbau kepada seluruh warga Kota Bukittinggi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru,” pungkasnya.

Related posts