Bupati Eka Putra Buka Secara Resmi Malam Puncak Pemilihan Duta GenRe Tahun 2022

MINANGKABAUNEWSCOM, TANAH DATAR – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, resmi membuka malam puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tanah Datar Tahun 2022 di Ballroom Hotel Emersia dan Resort Batusangkar, Sabtu (5/3) malam.

Bupati Eka Putra menyampaikan, jumlah penduduk usia 10-24 tahun pada tahun 2021 sebanyak 24,53 persen artinya 1 diantara 4 penduduk Indonesia adalah remaja. Dengan jumlah remaja yang cukup besar tersebut dibutuhkan pengawsan atau pengelolaan yang terencana.

Read More

“Pemilihan Duta GenRe bukan mencari yang terbaik dari yang baik, namun memupuk budaya kompetisi yang sehat dan berkualitas terutama remaja agar menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat demi masa depan bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Tanah Datar,” ujar Bupati Tanah Datar ini.

Eka Putra lebih lanjut menjelaskan, jika kegiatan pemilihan Duta GenRe ini sejalan dengan program Pemerintah daerah (Pemda), satu rumah, satu Hafizh/Hafizah yang tujuannya adalah menciptakan generasi yang hafal alquran, tangguh, cerdas dan berkarakter.

“Menjelang memasuki Indonesia Emas Tahun 2045, kedepan kita sudah mempersiapkan generasi-generasi tangguh disamping itu duta-duta GenRe harus mampu menyuarakan pentingnya perencanaan dalam mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera,” jelas Bupati.

Sementara Kepala Perwakilan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar yang mendukung penuh kegiatan GenRe dan puji Bupati Eka Putra selaku Ayah GenRe dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Lise Eka Putra selaku Bunda GenRe Tanah Datar yang fokus dan total dalam kegiatan GenRe tersebut.

“Pihak BKKBN terus berupaya menyiapkan generasi yang berkualitas meskipun itu tidaklah mudah, kita punya berbagai program dan kegiatan seperti GenRe ini, disini anak-anak dipersiapkan agar tidak menikah di usia dini. Kalau ingin menikah BKKBN punya aplikasi siapnikah.org,” ucap Fatma.

Dijelaskan Fatma, pada aplikasi itu akan ditampilkan bagaimana kesiapan anak-anak mulai dari fisik, mental, emosional dan juga berdasarkan pada finansial dan lingkungan sosial yang ada.

“Jika saat ini Indonesia sudah memasuki bonus demografi yang mana angka ketergantungan lebih kecil dibanding usia produktif sehingga dengan ajang GenRe dapat dihasilkan generasi yang berkualitas,” jelas Fatma.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas PMDPPKB, Nofenril juga menyampaikan, jika kegiatan pemilihan Duta GenRe tersebut untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dikalangan remaja agar memiliki pengetahuan sikap dan prilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Tujuan dari pemilihan Duta GenRe ini diantaranya menyebarluaskan jejaring kemitraan dan pemangku kepentingan terhadap program generasi berencana dan bangga kencana melalui Duta GenRe,” ungkap Nofenril.

Pada malam puncak pemilihan GenRe tersebut tampil sebagai Juara 1 Putra, Jihad Nusa Adra dari SMAN 1 Salimpaung, Putri Siti Fatima Zahiro (SMAN 2 Batusangkar.

Kemudian Juara 2 putra, Ahmad Dzaky Ramschie (PIK R Kampung KB Tanjung Bonai, Putri Nasywah Humairoh SMAN 1 Batusangkar. Dan Juara 3 putra, Lucky Iqra Ilhamdi SMAN 1 Pariangan dan Putri Olifiya Freedelina SMAN 1 Salimpaung.

Duta favorit putra, Bail Bailey Balakosa SMAN 1 Batusangkar, Putri Aliyah Karmila Putri SMAN 3 Batusangkar. Duta fotogenik
Insanul Zaki MAN 4 Tanah Datar dan Dinda Mayasari SMAN 1 X Koto.

Selanjutnya Duta berbakat diraih oleh M.Teguh MAN 1 Tanah Datar, dan Nadya Putri Pratama SMAN 2 Sungai Tarab. Dan Duta Kepemimpinan M Hanif Al-Faruq MAN 2 Tanah Datar dan Afrina Yulia IAIN Batusangkar.

Terakhir Duta Educate, Zaki Abdul Hadi SMAN 1 Sungayang dan Hamdiah SMAN 1 X Koto. Duta hafizh hafizah M. Hafiz Yazid MAN 4 Tanah Datar dan Suci Rahmadini MAN 2 Tanah Datar.

Turut hadir malam puncak pemilihan Duta GenRe tersebut, Ketua TP.PKK Tanah Datar Lise Eka Putra, Kepala OPD, Forkopimda dan undangan lain.

Related posts