Bupati Eka Putra Letakkan Batu Pertama Rehab RTLH di Tanah Datar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWSCOM, TANAH DATAR – Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar, Yasmansyah, Kepala Cabang Bank Nagari, Fauzan Sony dan Bank Nagari Syariah, Dewi Purnama meletakkan batu pertama Pembangunan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Gusnawati di Jorong Koto, Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Senin (7/3/2022).

Turut hadir kepala dinas Perkim LH, Nofi Hendri, Inspektur Tanah Datar, Desi Rima, Kepala Dinas PUPR, Camat Lintau Buo Utara, Arif Gani, Forkopimca, Walinagari dan tokoh masyarakat setempat.

Read More

Bupati Eka Putra memberi apresiasi semangat kebersamaan dan gotong royong baik Baznas, Bank Nagari dan Bank Nagari Syariah, melakukan program rehab rumah tidak layak huni sebagai bentuk kepedulian sesama.

Bupati juga menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang memiliki harta berlebih untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya ke Baznas Kabupaten Tanah Datar.

“Yakinlah, Baznas Kabupaten Tanah Datar itu amanah dan bisa dipercaya, bantuan rehab rumah ini adalah salah satu buktinya dan masih banyak lagi yang lain, Baznas dinilai aktif membantu masyarakat tidak mampu,” ujar Eka Putra.

Eka Putra juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur yang telah berpartisipasi dalam program tersebut.

Eka Putra meminta kepada keluarga, Gusniwati untuk bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT. “Yakinlah, kita hidup di dunia ini tidak sendirian, namun masih banyak saudara-saudara kita yang siap mengulurkan tangan dan membantu kita semua,” pinta Bupati.

Terakhir Bupati Eka Putra mengucapkan selamat kepada Gusniwati dan semoga nyaman, aman menempati rumah yang baru nantinya.

Pada kesempatan itu pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pinjaman kepada rentenir karena pemkab telah bekerjasama dengan Bank Nagari untuk memerangi rentenir dengan bunga yang besar, dengan program Makan Randang.

Sementra Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar, Yasmansyah menjelaskan, pihak Baznas dalam tahun 2022 menganggarkan dana untuk program RTLH sebanyak 42 Kepala Keluarga (KK). Diantaranya tiga di Kecamatan Lintau Buo Utara, itu sejalan dengan program Pemerintah daerah (Pemda) Tanah Datar dengan dana Rp 1,5 miliyar.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa realisasikan bantuan rehab rumah untuk keluarga Gusniwati senilai Rp. 25 juta serta banyak bantuan dari donatur lainnya dan bantuan semen dari Bank Nagari,” jelas Yasmansyah.

Lanjut Yasmansyah, selain program rehab rumah pihak Baznas tahun ini juga memberikan bantuan biaya pendidikan bagi Mahasiswa undangan yang sebelumnya memasukan proposal ke Baznas Tanah Datar.

Kemudian Baznas juga ada Program Jaminan Kesehatan bagi pasien dari keluarga miskin warga Tanah Datar yang dirawat di rumah sakit, baik di RSUD MA Hanafiah Batusangkar dan RSUD Padang Panjang.

Pihaknya sampaikan Baznas akan terus mendukung Program Pemerintah daerah (Pemda) karena dana yang ada di Baznas berasal dari kebijakan yang dikeluarkan Pemda terhadap ASN yang ada. Baznas mendapat tugas dari Bupati untuk mengumpulkan, menyalurkan dan melaporkan.

“Kami berharap potensi zakat di Nagari bisa dimaksimalkan dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari nantinya dan Insya Allah dana yang terkumpul 100 persen disalurkan kembali ke Nagari tersebut,” tutup Yasmansyah.

Related posts