Bupati Rusma Yul Anwar hadiri Acara Kesenian Nagari Indrapura

  • Whatsapp

PESISIR SELATAN, MINANGKABAUNEWS — Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menghadiri kegiatan penampilan kesenian tradisi dengan tema “Bimbang Nagari” di Teluk kualo indrapura kecamatan Air Pura. Kamis (2/12/2021).

 

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar menyampaikan Pesisir Selatan merupakan daerah yang sangat kaya akan objek kebudayaan, baik tinggalan budaya berupa benda sejarah, maupu peninggalan warisan budaya .

 

“Ada tujuh warisan budaya kita yang sudah di akui tingkat Nasional, yaitunya babiola, tari benten, tari sikambang manih, anak balam, tari kain, badampiang dan patang balimau,” katanya.

 

Dalam kondisi yang lebih spesifik, Pesisir Selatan merupakan suatu daerah yang didiami beberapa etnis, selain etnis minang, juga terdapat etnis jawa, medan dan lainnya.

 

Keberagaman etnis tersebutlah yang menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sarat dengan nilai budaya lokal yang sangat luhur dan tak ternilai harganya.

 

Sayangnya kearifan lokal tersebut sudah mulai tergeser oleh tranformasi dan peradapan sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan.

 

“Jika sejak dini tidak dilakukan Revitalitas terhadap Nilai-nilai tradisi yang ada,” ungkap bupati.

 

Harapannya dalam kegiatan Penampilan kesenian Tradisi selain sebagai bagian tupoksi di dinas Pendidikan dan kebudayaan, juga dapat menjadi media untuk membangun semangat generasi muda dalam menggali, mengenali, dan memahami nilai-nilai Budaya Tradisi yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. (Ronal)

Related posts