Bupati Suhatri Bur Buka Secara Resmi MTQ Nasional ke-48 di Masjid Dinul Ma’arif

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN — Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-48 tingkat Kecamatan Anam lingkuang di Masjid Dinul Ma’arif Korong Pasa Dama, Nagari Parik Malintang, Jum’at (25/2/2022).

Kehadiran Suhatri Bur, disambut dengan penampilan tari galombang kreasi sanggar Neno Art Production Pasa Limau Nagari Parik Malintang.

Read More

Bupati Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan, bahwa dia merasa bangga dan berbesar hati, melihat tingginya partisipasi dan dukungan masyarakat dalam penyelenggaraan MTQ ini sehingga penyelenggaraan MTQ ini terlihat semarak dan meriah serta dihadiri segenap lapisan masyarakat.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan Kepala daerah, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, baik kepada panitia dan kafilah, maupun kepada pemerintah Kecamatan dan instansi terkait, serta ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan generasi muda di Kecamatan Anam Lingkuang dan Parik Malintang khususnya,” kata Bupati.

Bupati lebih lanjut menjelaskan, bahwa Implementasi dari visi Padang Pariaman Berjaya dituangkan dalam Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas kehidupan umat beragama, serta menjaga kelestarian nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau. Melalui kegiatan-kegiatan religius dari usia dini sampai usia lanjut dan menanamkan nilai-nilai adat dan budaya bagi generasi muda.

“Salah satu bentuk kegiatan yang religius itu adalah, dengan menyelenggarakan kegiatan MTQ setiap tahun dalam suasana yang meriah dan melibatkan semua unsur masyarakat. Mulai dari tingkat Nagari, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten,” jelas Suhatri Bur.

Pihaknya berharap melalui kegiatan musabaqoh ini, akan dapat mendorong peningkatan keimanan dan ketaqwaan masyarakat terutama generasi muda. Untuk mengamalkan seluruh nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Qur’an, menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup umat Islam.

“Kepada segenap kafilah, pelatih dan pendamping serta dewan hakim, kami menghimbau. Jadikanlah kegiatan musabaqah ini sebagai bagian dari peningkatan ukhuwah Islamiyah dan pengembangan nilai-nilai Al Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia untuk keselamatan di akhirat,” harap Bupati.

Bupati menghimbau, mari kita junjung sportivitas, kejujuran dan keikhlasan dalam menerima setiap keputusan.

“Melalui kegiatan ini, kita tumbuhkan bibit-bibit unggul yang akan menjadi qori dan qoriah potensial dan nantinya mampu mengharumkan nama Kabupaten Padang Pariaman dan Sumatera Barat di tingkat Nasional maupun Internasional,” himbau Bupati.

Pihaknya berharap, semoga dari penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional Tingkat Kabupaten Padang Pariaman ini dapat mendorong peningkatan kualitas hidup beragama dan bermasyarakat serta membentuk perilaku yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadits.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke 48 Fajri Yanuar, dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang mengusung tema “Melalui MTQ ke-48 ciptakan generasi milenial yang cinta Al Qur’an menuju Anam Lingkuang sebagai Kecamatan Santri.” ini berlangsung selama dua hari, mulai 25 hingga 26 Februari 2022.

“Peserta seluruhnya sebanyak 125 orang, dengan jumlah kafilah sebanyak 25 orang tiap Nagari. Adapun 5 Nagari yang berada di Kecamatan Anam Lingkuang, yakni Nagari Parik Malintang, Pakandangan, Koto Tinggi, Toboh Ketek dan Nagari Gadur,” kata Fajri.

Related posts