Butuh Komitmen dan Partisipasi Wujudkan Solsel Layak Anak

  • Whatsapp

Padang Aro (Minangkabaunews) – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama dengan seluruh stakeholder sepakat untuk mewujudkan Solok Selatan menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Ditandai dengan telah ditandatanganinya Komitmen Bersama untuk mendukung upaya-upaya tersebut.

Penandatanganan pertama dilakukan oleh Bupati Solok Selatan Khairunas dan diikuti oleh seluruh jajarannya, kemudian juga dilakukan oleh Forkopimda, perwakilan dunia usaha, dan perwakilan dari kalangan dunia pendidikan.

Dengan ditandatanganinya Komitmen Bersama ini diharapkan akan terlaksananya upaya bersama dalam mewujudkan kabupaten, kecamatan, dan nagari layak anak di Solok Selatan.

Penandatanganan ini dilakukan dalam acara Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Tingkat OPD, Lintas Sektor, dan Dunia Usaha di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (13/2/2024).

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan diperlukan komitmen dan partisipasi serta peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan dalam upaya ini.

“Dalam pertemuan ini harus diwujudkan komitmen, partisipasi, serta peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan. Selain itu juga perlu ditingkatkan koordinasi utnuk mewujudkan KLA di Solok Selatan,” kata Khairunas siang ini.

Menurutnya, dalam upaya mewujudkan KLA ini tak hanya menjalankan program dalam bentuk pelayanan langsung saja, namun juga penting untuk disampaikannya edukasi kepada anak mengenai informasi dan pengetahuan penting namun kerap tak tersampaikan. Seperti halnya mengenai kesehatan dan reproduksi remaja.

“Tidak sedikit persoalan timbul karena kurangnya pengetahuan anak tentang hal ini. Sudah menjadi tugas kita mencegah hal ini melakukan lingkup kecil, dari keluarga dan lingkungan sekolah,” paparnya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini seluruh peserta dapat memahami dan menyamakan persepsi dalam mengambil kebijakan.

Usai kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat menciptakan lingkungan yang bisa memotivasi anak-anak untuk mendapatkan rasa aman dan perlindungan yang baik, pendidikan yang baik dan berkualitas serta pergaulan yang baik dan bermanfaat.

Selain itu anak-anak juga diharapkan bisa membangun optimisme, kecerdasan emosional, intelektual dan kecerdasan spiritual yang baik, sehingga mampu menjadi generasi yang berkualitas bagi bangsa.

Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala OPD, Lintas Sektor, Wali Nagari, Dunia Usaha dan Kepala Sekolah SD-SMA dan Guru BK di Kabupaten Solok Selatan.

Menghadirkan narasumber dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat serta Psikolog Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Solok Selatan.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts