BW Luak Limopuluah Anugerahi Kompol Russirwan Penghargaan Sosok Polisi Teladan dan Inspiratif

  • Whatsapp
Kasubbag Renmin Birolog Polda Sumbar, Kompol Russirwan, diserahi penghargaan oleh Balai Wartawan Luak Limopuluah, Sabtu (25/6). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, PAYAKUMBUH – Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah, Sumatera Barat, menganugerahi penghargaan atas penilaian tokoh pilihan publik dengan kategori ‘Sosok Polisi Teladan dan Inspiratif’ kepada Kasubbag Renmin Birolog Polda Sumbar yakni, Kompol Russirwan.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan langsung Koordinator BW, Arfidel Ilham, didampingi segenap pengurus dan anggota dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung di Kantor Sekretariat BW Luak Limopuluah kawasan Komplek Kantor Bupati Lama, Pusat Kota Payakumbuh, Sabtu (25/6) siang.

Read More

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi serta atensi kita, selaku organisasi wartawan di wilayah Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota yang selama ini konsen bergerak di bidang kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan,” kata Koordinator BW Luak Limopuluah, Arfidel Ilham, dalam sambutannya.

Menurut Afidel didampingi sekretaris BW, Aking Romi Yunanda, dan wartawan senior Nasrul Kenong, pemberian penghargaan kepada Kompol Russirwan bukan tanpa sebab atau kepentingan. Melainkan, melalui kajian serta penilaian obyektif terhadap tokoh yang banyak diusulkan publik.

Dimana, sosok seorang abdi negara atau lembaga/instansi pemerintah tersebut dinilai sudah banyak berbuat, berkontribusi serta sukses memprovokasi dan memotivasi aspek sosial dalam kehidupan sosial masyarakat, terutama di wilayah tempat tinggalnya.

“Adapun semua variabel itu setelah kita kaji dan dipertimbangkan bersama, itu dimiliki oleh seorang Kompol Russirwan,” sebut Arfidel.

Ditambahkan Aking Romi Yunanda, Kompol Russirwan, merupakan sosok polisi yang memiliki rekam jejak cukup baik sebagai seorang abdi negara, yang pernah bertugas di wilayah hukum Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Pria yang akrab disapa “Ayah” Russirwan tersebut diketahui bertugas sebagai abdi masyarakat selama hampir 21 tahun, sejak tahun 2003-2022 ini. Dia meniti karir di kepolisian dari bawah, mulai dari bintara hingga menjadi seorang perwira polisi berpangkat Kompol.

“Selama menjabat, banyak orang mengetahui rekam jejak Kompol Russirwan. Dia pernah menjabat Kapolsek Harau, Kasat Narkoba, Kabag Sumda, Kasat Reskrim, Waka Polres hingga terakhir di Kasubbag Renmin Birolog di Polda Sumbar. Selama bertugas, Pak Russirwan punya rekam jejak cukup baik,” terangnya.

Berbagai sepak terjangnya, mulai dari upaya pemberantasan tindak penyalahgunaan narkoba, menciptakan kondisi aman dari pelaku kriminal dan pemberantasan korupsi, proaktif menyukseskan gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin 2020-2022), hingga ikut membantu pemulihan ekonomi masyarakat petani pascapandemi Covid-19.

Terakhir, yang menjadi inspirasi banyak orang, Russirwan dinilai sukses memprovokasi masyarakat petani di Jorong Piladang, Nagari Kototangah Batuhampa, Kecamatan Akabiluru. Dimana, dengan sisa gaji dan tabungan pribadinya sebagai anggota polisi, ia aktif membina hingga memberi bantuan permodalan bagi buruh tani.

“Pemberian penghargaan dimaksud, diharapkan bisa menjadi tanda apreasiasi sekaligus penyemangat bagi seluruh jajaran kepolisian (Polri) dalam menjalankan tugas dan pengabdian di lingkungan masyarakat. Sekaligus bisa jadi contoh bagi kita selaku unsur masyarakat,” tambah Arfidel Ilham.

Menanggapi itu, Kompol Russirwan usai diserahi penghargaan mengaku sangat berterima kasih atas pemberian penghargaan kepada dirinya, sebagai sosok polisi teladan dan inspiratif, karena hal tersebut merupakan penilaian objektif dari organisasi wartawan.

“Apresiasi juga yang setinggi-tingginya atas kerjasama dan komunikasi yang baik rekan-rekan wartawan (pers), selama kami bertugas di wilayah hukum Luak Limopuluah. Apalagi, dalam rangka menyukseskan program Sumdarsin, saya sangat banyak terbantu,” ungkap Kompol Russirwan.

Menurutnya, upaya dirinya membantu pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19, masih menjadi tugas pokok selaku abdi negara (anggota Polri) disamping melaksanakan tugas memberi perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat secara hukum.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat itu, juga mengaku selama ini banyak mendapat masukan, motivasi dan pembinaan dari para pimpinannya di Mapolda Sumbar terutama dalam hal melaksanakan tugas pengabdian kepada negara.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sumbar, Bapak Waka Polda, Bapak Kabiro Log, Bapak Kabiro SDM yang terus memberi pembinaan dan dorongan bagi anggota Polri, agar bagaimana tetap produktif menjadi abdi masyarakat jika nanti purna tugas. Salah satu alternatifnya, bertani,” imbuh Russirwan yang mengaku akan purna tugas 2025 mendatang. (akg/rel)

Related posts