Bye-bye Corona, Negara Ini Klaim Sudah Capai Herd Immunity

  • Whatsapp
Malta
Malta (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL — Malta mengklaim telah menyuntikkan satu dosis vaksin kepada 70% penduduk orang dewasa dan menjadi negara Uni Eropa pertama yang mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Malta Chris Fearne, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (25/5/2021). “Vaksin diberikan satu kali setiap lima detik,” ujar Chris Fearne dalam konferensi pers. ” 42% populasi orang dewasa telah menerima dua dosis vaksin.”

Read More

Malta merupakan negara kecil yang memiliki luas 312 km persegi. Jumlah penduduknya diperkirakan sebanyak 450.000 orang. Pulau kecil di Mediterania ini memiliki positivity rate yang rendah di kisaran 0,2%.

Malta memberikan vaksin Covid-19 kepada warga negara berusia 16 tahun ke atas dan pemerintah berjanji akan menyuntikkan vaksin kepada anak-anak berusia 12 tahun ke atas setelah otoritas kesehatan Eropa memberikan izin.

Chris Fearne mengatakan akan mencabut kewajiban menggunakan masker di luar ruangan pada 1 Juli 2021 bagi warga yang sudah divaksinasi dan selama kasus infeksi Covid-19 tetap rendah.

Sebelumnya, pemerintah Malta juga sudah mengumumkan pencabutan kewajiban penggunaan masker bila berada di pantai mulai 1 Juni 2021.

Pada Senin lalu, pencabutan akses ke gym dan kolam renang telah dicabut, sementara jam buka restoran diperpanjang hingga tengah malam. Sebelumnya restoran harus tutup pukul 5 sore. (CN)

Related posts