Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Pompa Air Satelit Agar Selalu Awet

MINANGKABAUNEWS, TEKNOLOGI – Pompa air adalah menjadi salah satu elektronik kebutuhan yang penting di sebuah rumah. Dimana pompa air tersebut mengalami berbagai macam masalah dalam jangka waktu yang lama.

Yang tak luput juga namanya alat elektronik Terlebih lagi jika pompa tersebut sudah berumur maka berbagai macam masalah pasti akan muncul.

Read More

Dengan masalah yang sering terjadi pada pompa air tersebut mengalami berdengung sehingga mengakibatkan macet total.

Memang benar ada beberapa masalah pada pompa air yang berdengung dan macet di sebabkan oleh dinamo yang terbakar dan panel kontrol terbakar sehingga penting bagi Anda untuk menganalisa apa yang menyebabkan pompa air tersebut berdengung dan juga macet terlebih dahulu.

Sebelum membawa ke tempat service ada beberapa cara mengatasi pompa air berdengung dan macet yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Panel Kontrol

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pompa satelit berdengung dan macet Sebagian besar masalah pada panel Controlnya sehingga pompa air hanya berdengung saja.

Berdengung di karenakan panel Control yang rusak, dan lain sebagainya. Namun sebagian besar pompa yang berdengung dan macet di sebabkan oleh mesin dinamo yang terbakar.

Dinamo Terbakar

Mengatasi pompa air yang berdengung dan macet bisa dengan mengganti motor pompa satelitnya. Hal ini sangat wajar karena motornya bekerja secara mekanik sehingga jika terbakar akan berimbas pada putaran mesin pompa tersebut.

Untuk memastikan motor mesin satelit tersebut telah rusak coba periksa kondisi gulungan dinamo apakah dalam keadaan macet atau tidak. Jika macet maka kondisi dinamo mungkin dalam keadaan baik-baik saja namun jika tidak macet kerusakan bisa disebabkan oleh gulungan di namo.

Disebabkan oleh Kapasitor

Pompa berdengung atau macet bisa disebabkan oleh bagian kapasitor. Pada unit ini mesin pompa satelit biasanya menggunakan sistem listrik sebagai penunjang dari kinerja unit pompa tersebut.

Fungsi utama dari kapasitor ini adalah membantu kumparan atau dinamo mesin pompa saat melakukan starting pada pompa yang kondisinya terganggu.

Kerusakan pada komponen kapasitor tersebut bisa dikenali dengan melihat fisik atau tampilan pada Box luarnya yang menggelembung, terbakar Jika komponen kapasitor tersebut terbukti lemah Anda hanya perlu mengganti dengan kapasitor yang sama karena tidak bisa diperbaiki kembali.

Ukuran Air Selalu Menutupi Tingginya Mesin

Agar pompa satelit awet tentunya Anda harus mendalami ukuran kapasitas air sumur sehingga mesin selalu tertutupi oleh air sumur. Jika air sumur hanya sedikit tidak menutupi batangan mesin pompa satelit maka jangan dulu dilakukan penyedotan air.

Ketika di paksa untuk menyedot air di dalam sumur karena ukuran air yang tidak menutupi mesin Pompa Satelit maka hitungan menit akan mengalami kerusakan berat.

Related posts