Cara Mudah Cek Penerima Bansos BLT BBM Kemensos

MINANGKABAUNEWS.com, JAKARTA — Berikut dipaparkan cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP yang bisa disimak masyarakat.

Untuk cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP sejatinya mudah dilakukan.

Read More

Pasalnya, masyarakat cukup akses link cekbansos.kemensos.go.id saat melakukan cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP.

Nantinya, usai masyarakat melalui alur cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP lewat situs cekbansos.kemensos.go.i, maka sispa saja yang dapat bantuan Rp600.000 bakal diketahui.

Bagi masyarakat yang masih bingung bagaimana tata cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP lewat situs cekbansos.kemensos.go.id, ada baiknya simak artikel ini sampai selesai.

Diketahui bersama, BLT BBM 2022 bakal dilanjut penyalurannya hingga Desember mendatang, yang mana merupakan pencairan tahap 2.

Adapun dana BLT BBM 2022 yang telan anggaran Rp12,4 triliun disalurkan sejumlah Rp150.000 selama empat bulan yang diberikan dalam dua tahap pencairan.

Pencairan BLT BBM 2022 tahap 1 telah dilakukan sejak awal September senilai Rp300.000 dan tahap 2 pada Desember nanti, pun dengan nominal sama.

Masyarakat tentunya penasaran apakah dapat BLT BBM 2022 senilai total Rp600.000 atau tidak.

Tidak perlu khawatir, karena rasa penasaran bakal sirna usai cek penerima BLT BBM 2022 online di HP lewat situs cekbansos.kemensos.go.id berikut ini.

Masyarakat tidak perlu repot karena saat mengikuti alur cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP, mereka hanya cukup menyiapkan HP dan KTP saja.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara cek penerima BLT BBM 2022 online di HP lewat situs cekbansos.kemensos.go.id.

1. Segera akses cekbansos.kemensos.go.id jika HP dan KTP sudah siap

2. Kemudian, pilih wilayah tempat tinggal penerima berupa nama provinsi, kabupaten atau kota, dan kelurahan atau desa sesuai KTP di bagian ‘Wilayah PM’

3. Selanjutnya, isi data diri lengkap berupa nama sesuai KTP di bagian ‘Nama PM’

4. Jika sudah, tulis ulang 8 huruf kode yang tersedia pada kotak. Tekan reload jika kode tidak terbaca dengan jelas.

6. Terakhir, klik “Cari Data” yang bakal menampilkan sejumlah informasi.

Informasi yang bakal tertera di sistem yakni berupa umur, nama penerima, jenis bansos, keterangan, periode, status bantuan sudah disalurkan atau belum.

Jika nama KTP yang dicek muncul di sistem, itu pertanda bahwa nama yang diinput merupakan penerima BLT BBM 2022.

Dengan demikian, nama tersebut berhak mencairkan dana BLT BBM 2022 tunai Rp300.000 dua kali.

Mereka yang dapat BLT BBM 2022 bisa mencairkan dana bantuan di Kantor Pos dengan membawa berkas berupa KTP, KK asli beserta salinannya, dan undangan pengambilan bantuan.

Namun, hal tersebut berlaku bagi masyarakat yang tinggal dengan jarak tidak lebih 500 meter dari Kantor Pos.

Sedangkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan atau sulit dijangkau kendaraan darat, maka dana BLT BBM 2022 bakal diantar langsung oleh petugas Kantor Pos.

Lalu, bagi warga yang sakit atau lansia, maka petugas Kantor Pos juga bakal mengantar dana BLT BBM 2022 Rp600.000 langsung ke rumah.

Dana BLT BBM 2022 yang sudah diterima masyarakat bisa dipergunakan untuk membeli kebutuhan pokok dan dilarang untuk membeli minuman keras, narkotik, atau rokok, sesuai arahan Mensos Risma.

Related posts