Cegah Hipertensi, Puskesmas Biaro Ajak Masyarakat Terapkan Hidup CERDIK

  • Whatsapp
Petugas Puskesmas Biaro.
Pengukuran tensi masyarakat oleh petugas Puskesmas Biaro. (Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Puskesmas Biaro ajak masyarakat cegah penyakit hipertensi dengan menerapkan hidup CERDIK dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia.

Kepala Puskesmas Biaro, dr. Annisa Sofyana mengatakan, hari hipertensi sedunia diperingati pada tanggal 17 Mei. Hal tersebut, setiap tahunnya mengusung temabesar dalam upaya pencegahan penyakit hipertensi.

Read More

“Tahun ini, secara global bertema Measure Your Blood, Pressure Accurately, Control It, Live Longer,” ujarnya, Senin, (17/5/2021).

Sedangkan di Indonesia, ulasnya, tema global tersebut diadopsi menjadi “Cegah dan Kendalikan Hipertensi dengan Tepat untuk Hidup Sehat Lebih Lama”.

Dijelaskannya, tema tersebut diusung guna meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan pencegahan dan pengendalian hipertensi dari diri sendiri dan keluarga.

Sementara itu, di Puskesmas Biaro, peringatan Hari Hipertensi Sedunia diperingati dengan cara mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang penyakit hipertensi.

Ajakan dan edukasi tersebut diselenggarakan dengan cara face to face, dan menyebarluaskan informasi seputar hipertensi melalui media sosial.

“Masyarakat diimbau untuk melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri atau difasilitasi pelayan kesehatan secara berkala minimal 1 bulan sekali,” ucapnya.

Dijelaskannya, penyakit hipertensi dapat dicegah dengan menerapkan hidup CERDIK yaitu singkatan dari Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress dengan baik.

Related posts