Cegah Pelecehan Seksual Anak Dibawah Umur, Polres Agam Gelar Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas

  • Whatsapp
Kasat Binmas Polres Agam, Iptu Azwir Yani saat melakukan sosialisasi bahaya pergaulan bebas di MTS N 4 Agam.

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Cegah pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur, Polres Agam gelar sosialisasi bahaya pergaulan bebas terhadap kelompok rentan anak di bawah umur di MTS Negeri 4 Agam, Selasa, (15/3/2022).

Kabupaten Agam masuk dalam kategori gawat pelecehan anak dibawah umur. Menyikapi hal itu, Polres Agam melalui Kasat Binmas bersama team langsung turun ke sekolah memberikan edukasi kepada siswa.

Kasat Binmas Iptu Azwir Yani mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk meminimalisir penambahan kasus pelecehan seksual yang baru.

“Kita sebagai Abdi Negara memang perlu melakukan langkah – langkah pencegahan, karena upaya pencegahan lebih optimal hasilnya dari pada upaya lain,” ujarnya.

Tanpa diawali dengan upaya pencegahan dilanjutkannya, maka grafik kasus pelecehan seksual terhadap kelompok rentan anak dibawah umur akan meningkat.

Untuk itu, tindakan yang dilakukan adalah upaya penegakan hukum. Namun upaya itu belum tentu bisa mengobati mental maupun fsikologis anak yang telah menjadi korban dari perbuatan asusila.

“Jika perbuatan asusila itu terjadi, bagaimana nasib anak yang telah menjadi korban maupun pelaku setelah mengalami hal demikian. Mungkin juga tidak akan terbayangkan, padahal anak – anak inilah yang akan kita harapkan untuk meneruskan regenerasi kita selanjutnya,” ucapnya.

“Paling tidak dengan dilakukan upaya pencegahan melalui kegiatan ini, siswa maupun siswi yang menjadi pendengar sudah mendapat gambaran secara umum tentang akibat yang akan terjadi jika menjadi korban maupun pelaku kasus pelecehan,” ucapnya lagi.

Diitambahkannya, mudah-mudahan dengan dilakukan sosialisasi ini bisa diambil manfaat oleh para siswa. Sehingga dapat mengurangi pelecehan seksual di bawah umur di wilayah Kabupaten Agam. 

Related posts