Cegah Penularan PMK pada Hewan, Jajaran Kodim 0319 Mentawai Lakukan Pemeriksaan dan Penyemprotan Kandang

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Cegah wabah PMK yang baru baru ini muncul, jajaran Kodim 0319 Mentawai dipimpin Bakes Kodim Serma Adolf lakukan Survei bersama Tim tugas pencegah dan penanganan penyakit Mulut dan Kuku hewan ternak berkaki empat seperti Sapi, Kambing dan Kerbau.

Adapun kegiatan ini yang dilaksanakan seperti melakukan penyemprotan hewan ternak di Desa bukit Pamewa guna mencegah wabah PMK.

Read More

“Guna mencegah dan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan kita lakukan pemeriksaan dan penyemprotan kandang”, ujar Serma Adolf, Saptu (09/07/2022).

Dalam kegiatan ini, ikut terlibat Kabid Humas Polres Kepulauan Mentawai, anggota BPBD, Satpol PP dan Dinas Peternakan dan Pertanian.

“Yang kita lakukan yakni survei dan penanganan PMK. Ini dilakukan sebagai upaya dalam melakukan pencegahan terhadap wabah PMK, mengingat telah adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak sapi maupun kambing di berbagai daerah”, jelas Adolf.

Selain itu, penyemprotan desinfektan ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang agar tetap steril. Termasuk pemberian vitamin dan kebersihan kandang harus rutin dilakukan, terang Serma Adolf.

“Kita menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta segera melaporkan apabila ada indikasi sakit pada hewan ternak agar kita dapat melakukan penanganan secepatnya”, tutupnya. (Tirman)

Related posts