Cegah Stunting Pemko Solok Launching Dashat

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Cegah Stunting, Pemerintah Daerah Kota Solok, Jumat (1/4/2022), secara resmi melaunching Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) di halaman kantor camat Lubuk Sikarah.

Launching Dapur Sehat Atasi Stunting ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful Rustam.

Read More

Dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Fatmawati, launching Dapur Sehat dilakukan dalam rangka percepatan penurunan Stunting di Kampung keluarga berkualitas di Kota Solok tahun 2022.

Syaiful Rustam mengatakan dapur sehat yaitu dapur yang memiliki pencahayaan yang cukup, ventilasi udara yang baik, tata letak perangkat dapur yang rapi dan terlindung dari debu maupun kotoran, serta tungku yang sehat dan nyaman.

Lebih lanjut Syaiful menyebutkan, dalam dapur sehat diperlukan ventilasi udara yang baik. Ventilasi udara yang baik merupakan salah satu parameter yang paling vital. Karena ventilasi udara yang baik akan membuat sirkulasi udara yang mengandung racun (asap) dapat mengalir keluar dan tidak terperangkap di dalam dapur.

“Mari bersama kita berkolaborasi dalam mencegah terjadinya Stunting pada masyarakat Kota Solok. Jika kolaborasi ini berjalan dengan baik, Kota Solok akan terbebas dari stunting, dan sasaran kita adalah Kota Solok zero stunting,” katanya.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Fatmawati mengungkapkan bahwa institusinya sepakat merubah kampung keluarga berencana menjadi kampung keluarga berkualitas.

“Semoga Kota Solok dapat mencapai zerro stunting. Dan mendapatkan generasi emas untuk memanfaatkan bonus demografi 2045,” ujarnya.

Related posts