China Mendadak Latihan Tempur Besar-besaran di Lokasi Sampah Roket, Ada Apa?

  • Whatsapp
Kapal Induk Lioning milik China
Kapal Induk Lioning milik China (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL — China menggelar latihan militer besar-besaran di lokasi tempat jatuhnya sampah roket di Laut Kuning, mulai Jumat (9/7) pagi.

Latihan yang akan berlangsung hingga Selasa sore pekan depan itu berlokasi di wilayah perairan yang terentang dari Kota Rongcheng diProvinsi Shandong hingga Kota Lianyungang di Provinsi Jiangsu. Badan Keamanan Laut (Bakamla) Qingdao, Provinsi Shandong dalam surat pemberitahuan mengatakan demi keamanan bersama, kapal lain tidak diizinkan melintasi wilayah perairan itu.

Read More

Namun, surat tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut perihal aktivitas militer di sana. Pengumuman yang sama juga dikeluarkan oleh Bakamla Lianyungang sejak Selasa (6/7) lalu, namun ditarik lagi pada hari yang sama.

Pada Senin lalu, surat pemberitahuan pembatasan pelayaran yang dikeluarkan Bakamla Lianyungang menyebutkan puing-puing roket diperkirakan jatuh di perairan Laut Kuning pada Jumat antara pukul 12.00 dan 24.00 waktu setempat. Berdasarkan perkiraan tersebut, Bakamla setempat tidak mengizinkan kapal-kapal sipil melintasi wilayah itu.

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti apakah latihan militer tersebut berkaitan dengan jatuhnya sampah-sampah roket atau tidak. Laut Kuning memisahkan daratan China dengan Semenanjung Korea yang luasnya mencapai 146.719 mil persegi. (Rep)

Related posts