Cihui! Rendang Minang Kembali Masuk Daftar Makanan Terbaik Dunia Versi CNN

  • Whatsapp
rendang gordon samsay
Gordon Ramsay dan Rendang (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL — Reputasi rendang memang tak perlu diragukan lagi. Masakan khas Minang ini kembali masuk daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN tahun 2021.

Rendang berada di posisi ke-11 dari daftar 50 makanan terbaik di dunia tahun 2021 versi CNN. Disebutkan, menyantap rendang bakal membuat perut ‘kewalahan’.

Read More

Sebelumnya, rendang pernah masuk daftar 50 makanan terbaik di dunia versi CNN pada 2017. Tidak hanya rendang, saat itu nasi goreng pun masuk dalam daftar.

Rendang sendiri merupakan sajian asli Indonesia yang berasal dari tanah Minang, Sumatra Barat.

Rendang memiliki bahan utama berupa daging sapi. Daging akan direbus perlahan dengan santan, juga bumbu rempah berupa serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai.

Proses memasak rendang tentu tak main-main. Rendang dimasak dengan suhu rendah dalam waktu lama. Proses masaknya bahkan bisa memakan waktu berjam-jam.

Pikat cita rasa rendang sudah mendunia bahkan membuat koki sekelas Gordon Ramsay ingin belajar membuat sajian satu ini ini. Tahun lalu, dalam program Gordon Ramsay: Uncharted, Ramsay berkunjung ke tanah Minang dan belajar memasak rendang dengan pakar kuliner William Wongso.

“Rendang yang kami buat autentik, pakai kayu bakar,” kata William Wongso kala itu.

Di Sumatra Barat sendiri setidaknya ada lebih dari 250 resep rendang yang berbeda. Tiap desa memiliki resep rendangnya masing-masing. Menurut William, rendang sangat khas dengan aroma santan hangus.

Di samping itu, rendang pun sempat populer di mesin pencari Google. Terbukti pada tahun 2020, resep rendang jadi salah satu resep makanan paling banyak dicari. (CN)

Related posts