Cihuy! Inilah Deretan Bansos yang Segera Cair September

  • Whatsapp
Ilustrasi

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Bantuan Sosial (Bansos) terus disalurkan pemerintah di tengah kebijakan PPKM yang berlanjut.

Bansos merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bansos yang sudah 100% tersalurkan adalah bantuan beras 10 kg untuk 28,8 juta keluarga.

Read More

Nah selain itu ada juga Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai yang telah 100% tersalurkan untuk 8,8 juta orang.

Lalu apa saja yang bakal cari di bulan September 2021 ini?

Berikut daftarnya :

1. Program Keluarga Harapan

PKH atau Program Keluarga Harapan akan disebar kepada 10 juta penerima. PKH adalah bantuan untuk anak sekolah sampai ibu hamil.

Anak sekolah tingkat SD akan dapat Rp 900 ribu, anak SMP 1,5 juta dan SMA Rp 2 juta. Sedangkan ibu hamil Rp 3 juta. Ini diberikan per tahun

2. Bantuan Subsidi Upah

Pemerintah memastikan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji tahap ketiga akan mulai dicairkan di awal September 2021. Namun, belum diketahui secara pasti kapan waktu yang pas.

Berdasarkan data otoritas ketenagakerjaan, seharusnya ada 1,5 juta calon penerima subidi upah. Namun setelah diverifikasi, ada 71.931 pekerja yang tidak lolos lantaran telah menerima bantuan sosial lainnya.

Adapun kriteria penerima BSU telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 16/2021. Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa penerima BSU adalah pekerja dengan gaji paling banyak Rp 3,5 juta per bulan. Adapun besaran bantuannya Rp 1 juta.

3. Diskon Tarif Listrik

Pemerintah telah memperpanjang diskon tarif listrik 50% sampai Desember 2021 bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA.
PT PLN (Persero) mendapatkan penugasan untuk menyalurkan diskon tarif listrik ini.

Penerima subsidi listrik nantinya akan mengacu pada DTKS Kementerian Sosial. Pengkajian ulang data ini khususnya untuk data pelanggan listrik berdaya 450 VA. Data pelanggan 450 VA ini akan dicocokkan dengan DTKS.

4. Bantuan Uang Kuliah (UKT)

Bantuan Uang Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester III, V, dan VII. Bantuan UKT diberikan kepada 300 ribuan mahasiswa.

5. Kuota Internet

Terakhir, pemerintah memperpanjang bantuan subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang semula berakhir pada Mei lalu. Bantuan subsidi akan diberikan kepada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik seperti guru dan dosen

Related posts