Covid-19 Bikin Ruwet, Kota-Kota Dunia Ini Batal Pesta Tahun Baru!

  • Whatsapp
Pesta kembang api malam tahun baru.

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL — Masih adanya Covid-19 ditambah kehadiran varian Omicron menyebabkan banyak wilayah dunia akhirnya membatalkan perayaan Tahun Baru 2022. Sebagian di antaranya tetap merayakan namun dengan sejumlah pembatasan.

Sejumlah kota besar di Eropa mengumumkan membatalkan perayaan Tahun Baru. Sejumlah negara Eropa diketahui mengalami penyebaran Omicron yang sangat signifikan.

Read More

Berikut beberapa kota yang batal dan membatasi merayakan Tahun Baru, dikutip CNN Internasional, Jumat (31/12/2021):

Daftar Kota yang Batal Merayakan Pesta Tahun Baru

1. Athena
Kembang api tidak akan menghiasi langit Athena tahun ini. Dalam konferensi pers pada Kamis (23/12/2021), Menteri Kesehatan Thanos Plevris mengatakan seluruh perayaan Natal dan Tahun Baru publik yang direncanakan pemerintah kota resmi batal.

Seluruh pelaku perjalanan yang datang ke Yunani disarankan melakukan tes Covid-19 pada hari kedua dan keempat setelah kedatangan. Diikuti juga dengan syarat memberikan hasil tes negatif untuk masuk negara itu.

2. Atlanta
Masyarakat setempat juga batal berpesta Tahun Baru di Underground Atlanta karena kasus Covid-19 yang melonjak. “Meskipun kami sedih melewatkan pesta dan pertunjukan musik tahun ini, kami sangat bersemangat untuk membawa Peach Drop kembali tahun depan dan lebih baik dari sebelumnya. Tetap sehat semuanya,” tulis Underground Atlanta dalam tweetnya.

3. Berlin
Jerman melakukan pembatasan kontak ketat karena Covid-19 mulai 28 Desember. Larangan perayaan Tahun Baru juga diumumkan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Selasa (21/12/2021), yang berarti Berlin beserta Munich dan Frankfurt tak akan merayakan tahun baru.

Mulai 28 Desember lalu, hanya maksimal 10 orang diizinkan bertemu dalam kelompok baik sudah divaksinasi atau pulih. Peraturan pembatasan kontak dikecualikan bagi anak 13 tahun ke bawah.

4. Edinburgh
Menteri pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon membatalkan perayaan tahun baru di negara tersebut. Dia mengatakan pembatasan setelah Natal untuk acara besar sebagai cara menghalangi penyebaran Omicron.

“Sayangnya artinya perayaan Hogmanay skala besar, termasuk yang direncanakan di ibu kota kami, tidak akan dilanjutkan. Saya tahu betapa mengecewakannya hal ini untuk mereka yang menantikan acara tersebut,” ungkapnya.

5. London
London dipastikan jauh dari hingar bingar pesta tahun baru akibat kekhawatiran adanya Covid-19. Walikota Sadiq Khan mengumumkan pada tweetnya hari Senin (20/12/2021), acara di Trafalgar Square dibatalkan.

“Keamanan semua warga London harus didahulukan,” kata Khan. Program tengah malam di BBC One akan disiarkan, ungkapnya.

6. New Delhi
Pemerintah wilayah persatuan India Delhi, termasuk ibukota nasional New Delhi, mengumumkan larangan semua pertemuan dari sosial, budaya, politik, festival, hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini akibat adanya peningkatan kasus Covid-19.

Menurut perintah tersebut, seluruh pejabat ‘harus memastikan tidak ada acara/pertemuan/jemaat budaya yang diadakan untuk merayakan Natal atau Tahun Baru. Aturan lainnya hanya memperbolehkan Bar dan restoran terisi dengan kapasitas 50%.

7. Paris
Paris membatalkan pertunjukan kembang api tradisional di Champs-Elysees Avenue akibat adanya gelombang virus corona baru. Pada 17 Desember. Perdana Menteri Perancis, Jean Castex mengatakan pesta publik besar dan kembang api dilarang pada Malam Tahun Baru.

Dia juga mengatakan bagi orang yang divaksinasi pun harus melakukan tes mandiri sebelum berkumpul di pesta akhir tahun, demikian dilaporkan Reuters.

8. Roma
Perayaan besar seluruh Italia dibatalkan, termasuk di Roma. Konser terbuka dan kembang api d Venesia batal dan Klub malam tutup selama Januari.

Campania juga melarang adanya pesta dan konsumsi alkohol di tempat umum. Keputusan itu mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Daftar Kota yang Tetap Merayakan Pesta Tahun Baru dengan Pembatasan

1. Bangkok
Ibukota Thailand tetap merayakan pesta Tahun Baru. Bangkok Post melaporkan hanya dibolehkan di tempat terbuka serta orang yang hadir telah divaksin penuh, melakukan pengetesan dalam waktu 72 jam serta terdaftar untuk hadir.

2. Cape Town
Kota di Afrika Selatan ini juga masih mengizinkan perayaan tahun baru. Namun dengan beberapa pemeriksaan, misalnya menutup lebih awal tempat dan jam malam yang ketat.

3. Chicago
Kota terbesar ketiga di Amerika Serikat tetap lanjut berpesta di malam tahun baru dengan menyalakan kembang api di lima jembatan di atas Sungai Chicago. Namun tetap mendorong masyarakat melakukan pengetesan sebelum hadir dalam perayaan.

4. Dubai
Kembang api di Burj Khalifa, gedung tertinggi dunia, masih akan dinyalakan. Emirat mewajibkan pengunjung mendaftar dalam aplikasi U by Emaar untuk menerima kode QR individual untuk akses.

5. Hong Kong
Hong Kong juga berencana merayakan tahun baru termasuk di tepi pantai Victoria Harbour. Jam hitung mundur akan ditampilkan di depan museum M+.

6. Las Vegas
Las Vegas tak melewatkan pesta dan kembang api dari atas delapan hotel-kasino di Strip selama delapan menit. Kembang api di pusat kota juga tetap diadakan.

7. New York
Times Square melakukan perayaan tahun baru dengan membatasi pengunjung hanya 15 ribu orang. Mereka baru boleh masuk pada Jumat pukul 15.00 waktu setempat.

Semua orang harus menggunakan masker serta menunjukkan identitas berfoto dalam acara tersebut, ungkap kantor walikota Bill de Blasio.

8. Rio De Janeiro
Sempat membatalkan, kota ini tetap membuka kesempatan merayakan malam tahun baru. Walikota Eduardo Paes mengatakan ingin masyarakat tetap merayakannya dengan tenang, aman dan terorganisir.

“Kami bertemu dengan Komite Ilmiah, mengkonfirmasi akan aman untuk mengadakan perayaan Tahun Baru dengan ketentuan yang disajikan oleh pemerintah kota,” ungkapnya. Masyarakat juga diminta berpesta dekat dengan rumah jadi menghindari perjalanan yang tidak perlu.

9. Sydney
Sydney tetap menyelenggarakan pertunjukan kembang api malam tahun baru nanti. Ini dilakukan saat kasus Covid-19 harian meningkat, seperti 11.2021 kasus baru pada hari Rabu di negara bagian New South Wales, atau dua kali lipatnya dari hari sebelumnya.

Penyelenggara pertunjukan mengatakan tetap melakukan langkah keamanan saat pesta berlangsung, seperti menjaga jarak satu orang per dua meter persegi.

10. Taipei
Kota ini tetap mengadakan pertunjukan hitung mundur tahunan dan kembang api di Taipei 101.

11. Toronto
Kembang api tetap akan meluncur di seberang tepi laut Toronto. Namun semua orang dianjurkan menonton secara virtual.

Protokol kesehatan tetap dianjurkan bagi mereka yang berada di luar ruangan. Penggunaan masker dan jaga jarak 2 meter dianjurkan bagi orang yang tidak tinggal bersama.

Related posts