Curah Hujan Tinggi, Longsor dan Banjir Terjadi di Agam

  • Whatsapp
Longsor hantam rumah warga di Agam.

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Curah hujan dengan intensitas tinggi memicu terjadinya bencana banjir di beberapa titik di Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Jum’at, (28/4/2023).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito mengatakan, Banjir merendam 11 rumah warga di Jorong Pasa, dan 3 rumah di Jorong Alahan Siriah.

Read More

“Banjir merendam rumah dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa,” ujarnya.

Warga yang terdampak banjir saat ini sudah dievakuasi ketempat yang lebih aman.

Selain mimicu terjadinya banjir, curah hujan yang tinggi juga mengakibatkan terjadinya longsor di Jorong Kamparcan. Material longsor berupa kayu dan lumpur menutup badan jalan sepanjang 35 meter sehingga tidak bisa dilewali oleh kendaraan.

Selanjutnya, longsor juga menerjang rumah warga di Sitanang Kaciak. Perintiwa ini mengakibatkan, Zulkifli pemilik rumah mengalami luka dibagian kepala, akibat terkena reruntuhan tembok.

“Korban saat ini sudah mendapatkan penanganan medis,” katanya.

Menyikapi bencana tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan untuk pendataan dan melakukan Assessment dan pendataan Dinas PUTR Agam untuk upaya evakuasi dan penanganan.

Sementara itu longsor di Jorong Kamparcan, penghuni rumah mengungsi ke rumah sanak keluarga mereka yang tidak terdampak, dan untuk pembersihan material longsor akan digorokan besok Sabtu.

“Untuk longsor di Sitanang Kaciak sudah dilakukan koordinasu dengan Dinas PUTR dengan menggunakan alat berat.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts