Curah Hujan Yang Tinggi, Satu Unit Jembatan Penghubung di Nagari Aia Gadang Pasbar Putus

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Curah hujan yang cukup tinggi melanda Kabupaten Pasaman Barat dan meluapnya air sungai mengakibatkan
akses jembatan penghubung ke SMA IT Darul Hikmah di Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) putus total, Senin (23/1/2023) Sore.

Humas Darul Hikmah Pasaman Barat, Septria Rahmat membenarkan jembatan utama sebagai penghubung jalan ke SMA IT Darul Hikmah dan kebun milik warga, ambruk dan putus total akibat curah hujan yang cukup tinggi serta meluapnya air sungai.

“Alhamdulillah, dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja jembatan sebagai salah satu penghubung ke SMP IT Darul Hikmah dan perkebunan milik tidak dapat dilalui,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan, jembatan penghubung tersebut terbuat dari kayu, dengan kondisi kayu diperkirakan sudah lama, para guru serta warga sekitar sering menggunakan jembatan tersebut untuk beraktivitas menggunakan motor dan mobil. Putusnya jembatan penghuhung ini berdampak terganggunya aktivitas masyarakat setempat yang sehari-hari bekerja sebagai pekebun dan juga terganggunya proses belajar mengajar.

Selain itu, penyaluran kebutuhan bahan pokok seperti makanan dan minuman ke SMA IT Darul Hikmah dan juga akses masyarakat sekitar yang memiliki kebun jagung serta kebun sawit akan menjadi terhambat.

Septria Rahmat berharap, semoga Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bisa memperbaiki jembatan tersebut atau dibuat jembatan baru sehingga masyarakat yang hendak ke kebun dan juga para santri serta guru menjadi aman melewati jembatan tersebut.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dapat menganggarkan pembangunan jembatan tersebut, sehingga akses transportasi masyarakat dan aktivitas pendidikan dapat berjalan dengan lancar,” harapnya. (Wisnu)

Related posts