Dalam Rangka Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2023, BAPPEDA Solok Selatan Gelar Forum Konsultasi Publik

Wabup Solok Selatan, Yulian Efi
Wabup Solok Selatan, Yulian Efi

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Kegiatan Forum Konsultasi Publik atas rancangan awal RKPD Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023 digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) di Aula Sarantau Sasurambi, Senin (31/01/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklajuti amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, bahwa dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2023 perlu dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait untuk memperoleh saran dan masukan.

Read More

Untuk itu, dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh masukan yang diperlukan untuk mempertajam atau memperbaiki tema, prioritas, sasaran serta arah kebijakan pembangunan yang merupakan bahan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Tahun 2023.

Dengan menyepakati rumusan dari hasil Forum ini, yang akan ditandatangani oleh setiap unsur yang mewakili pemangku kepentingan, dan yang terpenting adalah masyarakat dapat memperoleh informasi isu strategis, tema, prioritas, sasaran, dan arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023. Sehingga dapat mewujudkan visi dan misi serta program unggulan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021-2026.

Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi dalam sambutannya mengatakan bahwa RPJMD harus menjadi acuan dan pedoman utama dalam penyusunan dokumen perencanaan dan turunannya seperti RKPD ini.

“Kepada kepala perangkat daerah agar tepat waktu dalam mengajukan dokumen perencanaan, sehingga penjadwalan perencanaan yang muaranya adalah RAPBD tidak terlambat pengesahannya,” tegas Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengemungkakan, agar program dan kegiatan yang termuat dalam RKPD benar-benar program prioritas, berdasarkan kebutuhan dan bukan berdasarkan keinginan, sehingga akan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Solok Selatan.

Turut hadir dalam Forum Konsultasi Publik, Sekdakab Solok Selatan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, MM yang memimpin langsung pemaparan materi, Asisten, Perwakilan DPRD, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Solok selatan dan pemangku kepentingan lainnya. (rls)

Related posts