Dalam Rangka Penyempurnaan Rancangan RKPD dan RENJA Perangkat Daerah Tahun 2023, Pemkab Solok Selatan Gelar Musrenbang

Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi
Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023, dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023 digelar di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (30/03/2022).

Sesuai Permendagri 86 Tahun 2017, penyempurnaan rangcangan RKPD ini melibatkan pemangku kepentingan di daerah, dengan tujuan untuk memperoleh masukan terhadap tema, sasaran, priritas serta arah kebijakan pembangunan Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023.

Read More

Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi menyatakan bahwa rangkaian panjang dalam mewujudkan perencanaan yang bersifat partisipatif ini, harus dapat kita manfaatkan dalam penyusunan Renja OPD dan Rancangan RKPD, agar terciptanya pembangunan yang tepat waktu dan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut Wabup juga instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah, untuk selalu berinovasi dalam upaya peningkatan pelayanannya serta proaktif mengejar dan memanfaatkan peluang penganggaran program dan kegiatan ditingkat provinsi hingga pusat.

“Untuk itu, mari tingkatkan potensi dan mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh hasil Musrenbang RKPD Tahun 2023 agar Pemkab Solok Selatan dapat memberikan pelayanan maskimal kepada masyarakat,” tegas Wabup.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu dalam proses menyusun RKPD Tahun 2023 ini, kami harapkan kepada semua pimpinan dan aparatur OPD serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif serta harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur,” tutur Zigo.

Harapan kita semua bahwa penyelenggaraan pembangunan pada Tahun 2023 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Solok Selatan secara tepat dan strategis.

Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kaloborasi, diskusi serta proses- proses panjang yang harus kita lalui termasuk agenda hari ini yaitu musyawarah perencanaan pembangunan RKPD Tahun 2023, tutup Ketua DPRD tersebut.

Beberapa pemangku kepentingan yang menghadiri, Anggota DPRD, Forkopimda, Sekdakab, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, dan OPD terkait serta Stkaholder lainnya. (rls)

Related posts