Damkar Kota Solok Edukasi Anak Usia Dini Prosedur Pemadaman Kebakaran

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Selama ini, kebanyakan masyarakat hanya tahu bahwa tugas pemadam kebakaran hanya memadamkan api.

Padahal tugas pemadam kebakaran tersebut cukup kompleks, bahkan pemadam kebakaran juga ikut aktif dan terlibat dalam penanganan bencana maupun musibah kecil.

Read More

Seperti melepaskan cincin di jari seseorang, atau bahkan menyelamatkan hewan yang kesulitan keluar dari gorong-gorong.

Di beberapa negara, pemadam kebakaran juga terlibat sangat aktif dalam membantu pemerintah setempat dalam penanganan bencana, musibah, bahkan urusan rumah tangga yang notabene bukan tanggungjawabnya.

Termasuk dengan membackup polisi ketika terjadi tindak pidana hingga polisi tiba ditempat kejadian.

Kompleksnya tugas padam kebakaran ini, Dinas Pemadam kebakaran Kota Solok aktif melakukan edukasi pada anak usia dini. Seperti anak PAUD, TK/RA, dan SD.

Di temui MinangkabauNews.com, Jumat (11/11/2022), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solok Fidlywendi mengatakan sistem dan prosedur penanganan pemadam kebakaran harus dikenal semenjak usia dini.

Sosialisasi dan edukasi dalam menangani bahaya kebakaran dengan sejumlah PAUD, TK dan SD di Kota Solok harus terus ditingkatkan.

Tujuannya agar generasi muda semenjak usia dini bisa mengenal dan memahami sistem serta prosedur pemadam kebakaran di Dinas Damkar Kota Solok.

“Edukasi ini untuk mengenalkan sistem dan prosedur maupun aktivitas Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Solok, terutama ketika terjadi kebakaran maupun dalam melaksanakan pemadaman serta penyelamatan terhadap individu dan benda” ungkap Fidlywendi.

“Damkar Kota Solok selalu siap membantu masyarakat jika terjadi kebakaran dimanapun diwilayah Kota Solok. Masyarakat tinggal telpon nomor darurat pemadam kebakaran dan unit pemadam kebakaran akan datang kelokasi. Selain itu, Dinas Damkar akan memfasilitasi sekolah yang ingin melakukan edukasi, Kota maupun Kabupaten Solok” Tambahnya.

Related posts