Dandim 0319 Mentawai Ikuti Opening FTL Dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Pembukaan Festival Turuk Langgai Dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya Mentawai Tahun 2021, Dandim 0319 Mentawai Letkol Inf Febi Adrianto beserta unsur Forkopimda lainnya turut hadir dalam acara kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Bujai Mentawai Km 7, Senin (22/11/2021) malam.

Kegiatan Pembukaan Festival Turuk Langgai Dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya Mentawai Tahun 2021 dengan tema Membangun Jati Diri Masyarakat Mentawai di Era Globalisasi, di laksanakan dengan penerapan protokol Kesehatan ketat.

Read More

Dalam sambutan dari ketua ATL Sumatera Barat Bapak Drs. Khairil Anwar M.Si, bahwa kegiatan ini pihaknya mengucapkan terimakasih atas sambutan Bapak Bupati Mentawai dalam moment kegiatan yang spektakuler ini.

“Dari asosiasi Sumatera Barat, sangat memperhatikan tentang budaya Mentawai terutama Turuk Langgai, ini merupakan pekerjaan yang sangat berat untuk melestarikan tradisi tradisi budaya Indonesia terutama kita di Sumatera barat termasuk untuk budaya Mentawai”, ujar Ketua ATL.

“Kami mengajak semua intasi maupun kalangan masyarakat agar dapat mempertahan tradisi budaya Mentawai yang secara turun temurun ini”, sambungnya.

Sementara Ketua ATL Pusat Prof. Dr. Pudentia M.Pss juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet yang telah mengadakan kegiatan festival ini di Mentawai.

“Untuk semua budaya dan tradisi masing masing daerah harus tetap di lestarikan dan tetap ditampilkan agar tidak luntur”, kata dia.

Semoga budaya Mentawai yang mendunia seperti Tato, Uma dan Sikerei tetap lestari dan selalu ada, ujar Profesor.

Dalam acara, Bapak Bupati Yudas Sabagalet SE,MM menyampaikan terimakasih telah mendukung Acara Festival yang di adakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Bupati menyampaikan, agar masyarakat Mentawai harus tetap semangat dan berjuang ,untuk itu kebudayaan tetap di jaga dan di lestarikan, begitu juga dengan pembangunan untuk kepulauan Mentawai.

Bupati mengajak semua kalangan untuk membangun daerah Mentawai dari pelestarian adat dan budaya.

Dalam moment Festival Turuk Laggai Dandim 0319 Mentawai juga turut memberikan apresiasi yang sangat luar biasa, festival Turuk Laggai ini sangat baik untuk di jadikan sebagai salah satu kegiatan yang membanggakan masyarakat Mentawai itu sendiri.

Karena munurut Dandim, Budaya Mentawai sangatlah penting untuk terus menerus di lestarikan agar generasi muda tetap mengingat dengan adat budayanya.

“Untuk kegiatan ini sangat kita apresiasi, sangatlah baik kalau di adakan sebagai kegiatan tahunan”, ujar Dandim.

Pada malam kegiatan, Bupati Yudas Sabaggalet langsung membuka acara Festival Turuk Laggai secara resmi. Dan langsung menampilkan Turuk Laggai Budaya Mentawai di antaranya,

1. Tarian Uliat Kemut (Burung gagak)
2. Tarian Uliat Manyang (Burung raja wali)
3. Tarian Uliat Gouk Gouk ( Ayam )
4. Tarian Uliat Manyang Bilou

Peserta dan undangan yang hadir sangat antusias dan terkagum kagum penampilan Sikerei dalam moment Turuk Laggai yang di tampilkan.

Dalam Kegiatan Festival Turuk Langgai Dan Konfrensi Internasional Budaya Mentawai Tahun 2021 Turut hadir, Bupati Mentawai Yudas Sabagalet,SE,MM, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleakek, Dandim 0319/ Mentawai Letkol Inf Febi Andrianto,S.M.Tr.(Han), Danlanal, Kapolres, Ketua DPRD Mentawai, Kakansar Mentawai, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa.

Sementara tamu undangan seperti dari Peneliti Lipi Prof. Dr. Obing Katubi, Pembina ATL Pusat Dr. Muklis Paeri M.Hum, Kepala BPNB Sumbar, Bengkulu dan Sumut Indri S,S,M.Hum, Ketua ATL Pusat Prof. Dr. Pudentia M.Pss, Kepala Pusat Kajian Mentawai Universitas Andalas Dr. Maskota Delfi M.Hum, Ketua ATL Sumatra Peneliti Tradisional Universitas Andalas Drs. Khairil Anwar M.Si. (Tirman/Pendim)

Pembukaan acara Festival Turuk Laggai dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan oleh Bupati Yudas Sabaggalet di Aula Hotel Bujai Mentawai Km 7, Senin (22/11/2021)

Related posts