Dandim 0319 Mentawai Tugaskan Babinsa Periksa Hewan Ternak dari PMK

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Babinsa Koramil 03 Sioban Serda Subroto, melakukan pemeriksaan hewan ternak milik warga di wilayah Desa Mara dan Desa Nemnemleleu Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pemeriksaan hewan demi mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Komandan Kodim 0319 Mentawai Letkol Inf Febi Adrianto S.E M tr (Han) mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi potong, kerbau, kambing dan babi, sebut Dandim Selasa (05/07/2022).

Read More

“Kita kerahkan para Babinsa untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada”, ujarnya.

Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK, sambung Dandim.

Ia menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan kepada petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah) segera melaporkan”, ucap Dandim.

Sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK, tutup Dandim. (Tirman)

Related posts