Despa Wildawati, Kasi Kesling Kesja OR Dinkes Kota Solok : Masih Banyak Ditemui Pengolah Makanan Tidak Hygienies

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Dari pengamatan, beberapa jasaboga, restoran, dan rumah makan yang letaknya cukup strategis dan sering dilalui kendaraan bermotor, masih sering ditemui beberapa penjamah makanan yang menunjukkan perilaku yang tidak sehat dalam menjamah makanan.

Hal ini diungkapkan Despa Wildawati, Kasi Kesling Kesja OR Dinas Kesehatan Kota Solok, saat kegiatan workshop dan sanitasi tempat pengolahan makanan di aula Dinas Kesehatan Kota Solok.

Read More

Dihubungi MinangkabauNews.com, Minggu (29/8/2021), Despa Wildawati menerangkan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia untuk dapat bertahan hidup. Oleh karenanya makanan harus dijaga keamanan dan kualitas nilai gizinya agar tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan.

“Hygiene dan sanitasi merupakan syarat mutlak bagi industri jasa boga, restoran, rumah makan, cafe, katering dan tempat usaha komersil makanan dan minuman lainnya,” ujarnya.

Disamping itu, tutur Despa Wildawati, pengawasan sanitasi makanan, mulai dari pendataan, pemeriksaan berkala, memberi saran perbaikan, melakukan kunjungan kembali, memberi peringatan hingga rekomendasi kepada pihak terkait serta laporan hasil pengawasan wajib dilakukan.

“Pengawasan sanitasi makanan diperlukan untuk melindungi masyarakat dari produk makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan hygiene sanitasi,” tuturnya.

Related posts