Deteksi Gejala Kolesterol, Hipertensi dan Diabetes, Ketua Posbindu PTM Ngalau: Jaga Pola Makan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG – Tenaga kesehatan Puskesmas Gunung bersama kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PTT).

Ketua Posbindu PTM Ngalau, Linda Marni, saat melakukan pemeriksaan kesehatan warga, Sabtu (11/6) di RT 14, Komplek Perumahan Sago Residence. Padang Panjang Timur mengatakan, gejala hipertensi, diabetes, dan kolesterol kerap ditemui lantaran orang tersebut tidak menjaga pola makan dan hidup sehat.

Read More

“Bila menjadi penyakit, ini akan berkomplikasi. Kalau sudah hipertensi, nanti kolesterol, dan bisa saja langsung ke stroke. Kalau gula bisa larinya ke ginjal, hipertensi bisa juga,” katanya.

Dengan mengetahui gejala tersebut, lanjut Linda, seseorang hendaknya  menghindari mengonsumsi makanan penyebab penyakit tersebut. Kemudian memperbanyak makan buah, sayur, dan sering berolahraga. 

“PTM ini ada yang keturunan, tapi saat ini banyak karena pola makan yang tidak sehat. Tinggi lemak, tinggi gula. Ini yang memicu PTM. Ini harus dihindari,” jelasnya.

Di Posbindu PTM, jelas Linda, mereka melaksanakan deteksi dini dan mengedukasi masyarakat. “Kita  memulai dengan wawancara pasien, menanyakan riwayat kesehatan pasien, riwayat kesehatan dari keturunan,” ujarnya.

Lebih lanjut, juga menanyakan pola makan. Lalu, pengukuran berat, tinggi badan, lingkar perut, ukur tensi, cek kolesterol, asam urat, gula, serta konseling dengan tenaga kesehatan.

“Harapannya, mesti ada dua Posbindu di Ngalau ini. Saat ini hanya ada satu Posbindu. Kami mengcover 14 RT, sasaran umur 15-59 tahun, sekitar 1500 orang,” jelasnya. (Edi Fatra/ris)

Related posts