Diawali Prosesi Batulak Bala, RSBG Tahun 2022 Dimulai

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Di awali prosesi Batulak Bala, RSBG (Rang Solok Baralek Gadang) Tahun 2022 resmi dimulai. Rang Solok Baralek Gadang ini merupakan even tahunan yang selalu digelar oleh Pemerintah Daerah Kota Solok setiap usai panen padi atau sebelum musim tanam dimulai.

Batulak Bala merupakan sebuah tradisi masyarakat Kota Solok dan sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan secara berkesinambungan dari setiap generasi ke generasi.

Read More

Rang Solok Baralek Gadang ini masuk dalam kelender tetap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dan dikemas dengan nama KEN (Kharisma Even Nasional). Dan even Rang Solok Baralek Gadang ini merupakan satu-satunya tradisi dan budaya yang masuk dalam KEN.

Dalam Batulak Bala ini ratusan petani dan masyarakat akan turun ke sawah sambil melantunkan zikir serta doa, dengan tujuan agar tanaman padi tidak diserang hama, penyakit, serta menghasilkan panen yang berlimpah.

Opening Ceremony even Rang Solok Baralek Gadang ini dihadiri Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf RI, Rizki Handayani dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi.

Menurut Rizki Handayani, yang hadir mengenakan baju kurung basiba, mengatakan Rang Solok Baralek Gadang memiliki keunikannya tersendiri sehingga bisa masuk dalam 100 besar KEN.

“Kita semua tahu Solok penghasil beras, dan menariknya even Rang Solok Baralek Gadang ini digelar dihamparan sawah Solok. Saya apresiasi setinggi-tingginya pada Pemko Solok yang berhasil masuk dalam Kharisma Even Nasional Kemenparekraf RI,” kata Rizki Handayani.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi menyebutkan even Rang Solok Baralek menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Apalagi even ini banyak digelar di area persawahan.

“Unik dan menarik, inilah even yang menonjolkan tradisi dan budaya Rang Solok. Kebersamaan dan gotong royong seolah-olah menjadi hidup pada tradisi Batulak Bala ini. Memang jauh dari kata sempurna, tapi ini bukan halangan dalam menghidupkan tradisi masyarakat sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen. In sha Allah tahun depan akan disempurnakan dengan lebih meriah lagi, kata Audy.

Sementara, Walikota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan ucapan selamat datang pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI beserta Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi.

“Tanpa dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, rasanya ada yang kurang dalam pelaksanaan even Rang Solok Baralek Gadang ini. Kolaborasi Pemko Solok dengan Pemrov Sumbar dan dukungan Kemenparekraf RI, membuat even RSBG ini menjadi meriah dan menarik,” ujarnya.

Related posts