Diganjar Kemenpan RB Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik Polresta Solok Bakal Wujudkan Mal Pelayanan Publik

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kemen PAN dan RB Republik Indonesia ganjar Polres Solok Kota dengan penghargaan bergensi di bidang Pelayanan Publik (Publik Service).

Penghargaan pelayanan publik dari Kementerian PAN dan RB ini diserahkan Kepala Biro Rena (Perencanaan) Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Dharu Siswanto, SIK, kepada Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, SIK, Kamis (28/4/2022), di halaman Mako Polresta Solok.

Read More

Dharu mengatakan predikat sangat baik di bidang pelayan publik ini, sudah empat kali diterima oleh Polres Solok Kota. Atas prestasi ini, Polresta Solok mendapat apresiasi atas upaya Polres Solok Kota memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Penilaian dalam hal pelayanan publik, lanjut Dharu, yang dilakukan oleh Kemen. PAN dan RB, di antaranya di bidang lalu lintas dan di bidang intelijen.

Di bidang lintas ada pelayanan SIM. Ketika melakukan penilaian jajaran Polri tidak pernah tahu kapan tim dari Kemenpan dan RB datang melakukan penilaian.

“Yang pasti, mereka melihat bahwa secara riil bagaimana pelayanan publik tersebut dilakukan dan tidak mengada-ada. Ini tentunya menjadi nilai positif bagi Polres Solok Kota, apalagi sudah empat kali empat kali mendapat penghargaan,” katanya .

Disebutkan Karo Rena ini, kategori tertinggi dalam bidang pelayanan publik adalah  pelayanan prima. Saat ini ada lima Polres yang mendapatkan apresiasi pelayanan. Di antaranya Polres Solok Kota, Polresta Padang, Polresta Pariaman, Polres Kota Bukittinggi dan Polresta Payakumbuh.

“Empat atau lima kali berturut-turut, itu bukan pekerjaan mudah untuk pertahankan dan meraihnya. Jangan malah kontradiktif, hari ini berprestasi tahun depan malah merosot disebabkan pelayanan buruk dan petugas yang tidak ramah,” ingatnya.

“Terkait pemberian reward, nanti ini jadi masukan bagi Polri. Apalagi Kota Solok bukan kategori kota besar tapi bisa memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat, ini sudah luar biasa,” Tuturnya.

Sementara, Kapolresta Solok AKBP Ferry Suwandi, SIK, ketika ditanya MinangkabauNews.com menegaskan, hanya ada satu kata, “Melayani Dengan Sepenuh Hati”.

Yang jelas, lanjut Ferry, anggota Polresta Solok itu harus ramah, Santun, dan masuk ke kantor polisi itu bukan hal yang menakutkan.

“Satu pekerjaan rumah yang belum kami tuntaskan, yaitu Mal Pelayanan Publik. Kami sudah mendesak dan mendorong pihak terkait untuk segera merealisasikan Mall Pelayanan Publik, karena bisa terintegrasi seluruhnya dengan pelayanan yang ada di Kota Solok. Tapi kita patut bersyukur karena Polresta Solok raih dua predikat, yaitu Wilayah Bebas Birokrasi Melayani dan predikat Pelayanan Publik Sangat Baik,” terang Kapolresta Solok.

 

Related posts