Dihadiri Anggota DPR RI, Bupati LIKO Minta Semua Pihak Kritisi Rancangan Awal RPJMD

  • Whatsapp
Foto Bersama: Bupati LIKO Safaruddin Dt Bandaro Rajo bersama anggota DPR RI Rezka Oktoberia serta para undangan Musrenbang, Senin (1/6) siang.

MINANGKABAUNEWS, LIMAPULUH KOTA – Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Safaruddin Dt Bandaro Rajo meminta semua pihak dapat memberikan kontribusi gagasan pemikiran untuk mengkritisi rancangan awal RPJMD 2021-2026 yang sudah disusun oleh pemerintah daerah.

Permintaan tersebut diungkapkan Bupati ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Limapuluh Kota yang hadiri sejumlah tokoh akademisi, politisi serta kalangan pejabat di aula kantor bupati, kawasan Sarilamak, Harau, Senin (31/5) siang.

Read More

“Dalam rangka mencapai visi-misi serta prioritas pembangunan dan arah kebijakan Kabupaten Limapuluh Kota mari kita kritisi bersama (RPJMD) agar tepat sasaran. Mohon maaf, ayo kita lemparkan dalam forum ini. Ini belum sempurna, perlu penajaman untuk mencapai indikator yang jelas,” ujar Safaruddin dalam sambutannya.

Proses musrenbang, tambah Bupati, bertujuan melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah. Oleh karena itu, dalam Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026 ini pemkab sengaja melibatkan seluruh stake holder, para ahli, pemangku kepentingan hingga elemen masyarakat.

Disamping itu, Bupati Safaruddin juga menegaskan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah. Dimana penyusunannya berpedoman kepada RPJPD dan RPJM Nasional yang bertujuan agar memuat arah kebijakan keuangan daerah.

“Sebenarnya, RPJMD ini telah melalui beberapa tahapan. Saat ini kita sudah dalam tahap dokumen rancangan. Sebelumnya juga sudah disusun rancangan Awal RPJMD setelah dibahas dalam acara forum konsultasi publik untuk mendapatkan masukan,” tambahnya.

Rancangan awal RPJMD itu juga telah dibahas bersama DPRD serta dikonsultasikan dengan pemerintah provinsi untuk mendapatkan saran penyempurnaan menjadi Rancangan RPJMD. Pihaknya mengakui, terus bertekad untuk terus maju dalam pengembangan pembangunan.

Supaya Kabupaten Limapuluh Kota bisa lebih baik lagi, terutama dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Dalam kesempatan itu, Safaruddin turut memohon dukungan serta dorongan dari semua pihak supaya program pemerintah betul-betul dapat terwujud tepat sasaran.

Pembukaan Musrenbang itu turut dihadiri anggota DPR RI dari Dapil II Sumbar Rezka Oktoberia. Rezka yang merupakan putri daerah Luak Limopuluah dikabarkan sengaja diundang oleh Bupati Limapuluh Kota, agar dapat ikut serta berkontribusi dalam pembangunan Limapuluh Kota ke depan.

Dalam sambutannya, di hadapan Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo serta para undangan, Rezka mengapresiasi penghargaan Kampuang Sarugo dalam ajang Anugarah Pesona Indonesia (API) di Nusa Tenggara Timur baru baru ini.

“Selamat pada Kabupaten Limapuluh Kota. Alhamdulillah, harapan kita tentu akan ada apresiasi-apresiasi lain setelah ini. Sekaligus menjadi cambuk bagi kita dibidang pariwisata serta bidang lainnya,” ungkap Rezka.

Sebagai wakil rakyat dan anak daerah asli Lima Puluh kota, Rezka Berharap RPJMD harus dapat meningkatkan pembangunan yang lebih produktif, meski ditengah himpitan pandemi Covid 19, sektor ekonomi menjadi prioritas utama yang membutuhkan terobosan terobosan dalam menopang ekonomi.

“Mengingat jabatan kepala daerah yang singkat, kita harus dapat memaksimalkan segala potensi daerah dengan pemanfaatan teknologi digitalisai yang saat ini tengah berkembang pesat secara global,” sebut Rezka.

Selain Rezka, pembukaan Musrenbang RPJMD juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar, Irsyad Syafar, Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Wendi Chandra, unsur Forkopimda serta kalangan akademisi putra daerah Limapuluh Kota. (akg/rel)

Related posts